MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUIPENGGUNAAN KARPET PUZZLE PADA MURID TUNAGRAHITAKELAS IV DI SLBN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN

WAODE SITI UMI FATIMAH, (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUIPENGGUNAAN KARPET PUZZLE PADA MURID TUNAGRAHITAKELAS IV DI SLBN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI Waode Siti Umi Fatimah.pdf

Download (91kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal huruf pada murid tunagrahita kelas IV di SLB Negeri Konda Kabupaten Konawe Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah kemampuan mengenal huruf sebelum penggunaan karpet puzzle pada murid tunagrahita kelas IV di SLB Negeri Konda Kabupaten Konawe Selatan? (2) Bagaimanakah kemampuan mengenal huruf setelah penggunaan karpet puzzle pada murid tunagrahita kelas IV di SLB Negeri Konda Kabupaten Konawe Selatan? (3) Bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal huruf dengan menggunakan media karpet puzzle pada murid tunagrahita kelas IV di SLB Negeri Konda? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mengenal huruf pada murid tunagrahita kelas IV di SLBN Konda dengan permainan karpet puzzle huruf. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan mengenal huruf sebelum dan setelah penggunaan permainan karpet puzzle pada murid tunagrahita kelas IV di SLBN Konda Kabupaten Konawe Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perlakuan, Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil penelitian yang yang dilakukan sebelum penggunaan karpet Puzzle anak tunagrahita kelas IV di SLB Negeri Konda berada pada kategori tidak mampu. (2) Kemampuan mengenal huruf sesudah penggunaan karpet Puzzle pada murid tunagrahita kelas IV di SLB Negeri Konda Kabupaten Konawe Selatan berada pada kategori mampu. (3) Terdapat peningkatan mengenal huruf sesudah penggunaan karpet Puzzle pada murid tunagrahita di SLB Negeri Konda Kabupaten Konawe Selatan dari kategori tidak mampu meningkat menjadi mampu. Dengan demikian, kemampuan murid setelah diberikan perlakuan meningkat dan lebih baik dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Kata Kunci: Kemampuan mengenal huruf, karpet puzzle dan tunagrahita

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 May 2023 02:39
Last Modified: 23 May 2023 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29037

Actions (login required)

View Item View Item