PENINGKATAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PESERTA DIDIK KELAS X.1 SMA NEGERI 1 ULAWENG KABUPATEN BONE

Rahmah, Andi Nur (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PESERTA DIDIK KELAS X.1 SMA NEGERI 1 ULAWENG KABUPATEN BONE. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
(9) JURNAL ANDI NUR RAHMAH.docx

Download (101kB)

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar, motivasi belajar dan hasil belajar Biologi peserta didik kelas X.1 SMA Negeri 1 Ulaweng melalui penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ulaweng Kabupaten Bone. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X.1 dengan jumlah peserta didik 37 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016, bulan Maret sampai bulan Mei 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas belajar Biologi peserta didik kelas X.1 SMA Negeri 1 Ulaweng meningkat dari 63,64% menjadi 85,68% melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (2) motivasi belajar Biologi peserta didik kelas X.1 SMA Negeri 1 Ulaweng meningkat dari 82,54% menjadi 86,65% melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (3) . Hasil belajar Biologi peserta didik kelas X.1 SMA Negeri 1 Ulaweng meningkat dari 40,54% menjadi 86,49% melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah. Kata Kunci: aktivitas, motivasi, hasil belajar, pembelajaran berbasis masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Oct 2017 06:37
Last Modified: 03 Oct 2017 06:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2903

Actions (login required)

View Item View Item