PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PROGRAM KEAKSARAAN DI PKBM HASANUDDIN INSTITUTE KECAMATAN SANROBONE KABUPATEN TAKALAR

M. Padli Thamrin (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PROGRAM KEAKSARAAN DI PKBM HASANUDDIN INSTITUTE KECAMATAN SANROBONE KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
JURNAL M. PADLI THAMRIN.pdf

Download (198kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya pengaruh problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar program keaksaraan di PKBM Hasanuddin Institute. Desain penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Designs (non- designs) dengan menggunakan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan), instrument tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji analisis statistik deskriptif dan uji uji paired sample t-test dengan dasar pengambilan keputusan jika nilai Sig (2-tailed) > 0.05 maka Ho diterima dan Ha ditolak, Jika nilai Sig (2-tailed) < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. dimana, sebelum dilakukan uji paired sample t-test data di uji terlebih dahulu menggunakan uji analisis statistik deskriptif, dan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran menggunakan model problem based learning untuk uji analisis statistik deskriptif tahapan pelaksanaan model pembelajaran problem based learning menurut 6 responden yaitu 90/90 x 100 = 100% dari kriteria yang ditetapkan. Hal ini secara kontinium nilai 100% termasuk kategori sangat baik. dan uji paired sample t-test kelas eksperimen memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 lebih < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai hasil belajar berbeda secara signifikan sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran model problem based learning diterapkan. Dalam hal ini Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Problem Based Learning, Keaksaraan, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 May 2023 01:46
Last Modified: 23 May 2023 01:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29028

Actions (login required)

View Item View Item