PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI PENGURANGAN MELALUI BALOK CUISENAIRE PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS VI DI SLB NEGERI 1 KENDARI

ROHMATIA HAMLIN (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI PENGURANGAN MELALUI BALOK CUISENAIRE PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS VI DI SLB NEGERI 1 KENDARI.

[img] Text
JURNAL ROHMATIA HAMLIN.pdf

Download (630kB)

Abstract

ROHMATIA HAMLIN2023. Peningkatan Kemampuan Operasi Pengurangan Melalui Balok Cuisenaire Pada Anak Tunagrahita Kelas VI Di SLB Negeri 1 Kendari. Skripsi. Dibimbing Dr. Mustafa, M.Si dan Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd. Program Studi Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar.Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan operasi pengurangan anak tunagrahita pada mata pelajaran Matematika di SLB Negeri 1 Kendari. RumusanMasalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah kemampuan operasi pengurangan sebelum penggunaan balok Cuisenaire pada anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Kendari? (2) Bagaimanakah kemampuan operasi pengurangan sesudah penggunaan balok Cuisenaire pada anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Kendari? (3) Apakah penggunaan balok Cuisenaire berpengaruh terhadap kemampuan operasi pengurangan anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Kendari? Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian satu orang anak tunagrahita kelas VI. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pemberian tes tertulis. Analisis data menggunakan hasil pretest dan posttest, mendeskripsikan hasil tes pretest dan posttest, membandingkan hasil belajar sebelum dan sesudah tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan sebelum penggunaan Balok Cuisenaire anak hanya mampu mendapatkan skor 2 dengan nilai 20 dari 10 item soal. (2) Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan media Balok Cuisenaire semakin lama kemampuan anak semakin meningkat, dan diakhir pertemuan anak mendapatkan skor 8 dengan nilai 80 dari 10 item soal. (3) Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan pada subjek I di SLB Negeri 1 Kendari dapat disimpulkan bahwa kemampuan operasi pengurangan anak meningkat dengan penggunaan media Balok Cuisenaire. Kata kunci: Kemampuan operasi pengurangan, Media Balok Cuisenaire.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 May 2023 01:48
Last Modified: 23 May 2023 01:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29027

Actions (login required)

View Item View Item