PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGOPERASIKAN UANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNGPADA MURID TUNAGRAHITADI SEKOLAHKHUSUS NEGERI 1 KENDARI

SITI EKA RUSMIATI, (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGOPERASIKAN UANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNGPADA MURID TUNAGRAHITADI SEKOLAHKHUSUS NEGERI 1 KENDARI.

[img] Text
Artikel Pengelolaan Kesiswaan Boarding School di SMA Plus Budi Utomo Makassar.pdf

Download (686kB)

Abstract

enelitian ini mengkaji rendahnya kemampuan mengoperasikan uang bagi murid tunagrahita di Sekolah Khusus Negeri 1 Kendari. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui “Peningkatan kemampuan mengoperasikan uang menggunakan model pembelajaran langsung pada murid tunagrahita kelas VI di Sekolah Khusus Negeri 1 Kendari”. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Murid dalam penelitian ini adalah seorang murid tunagrahita kelas VI di Sekolah Khusus Negeri 1 Kendari yang berinisial AB. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes lisan. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan membandingkan nilai dari tes awal dengan tes akhir, mendeskripsikan hasil tes sebelum dan setelah perlakuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :1) Kemampuan mengoperasikan uang pada murid tunagrahita kelas VI di Sekolah Khusus Negeri 1 Kendari sebelum menggunakan model pembelajaran langsung berada pada kategori kurang mampu, 2) Kemampuan mengoperasikan uang pada murid tunagrahita kelas VI di Sekolah Khusus Negeri 1 Kendari setelah menggunakan model pembelajaran langsung berada pada kategori sangat mampu, 3) Terdapat peningkatan kemapuan mengoperasikan uang pada murid tunagrahita kelas VI di Sekolah Khusus Negeri 1 Kendari dengan menggunakan model pembelajaran langsung dari kategori kurang mampu meningkat menjadi kategori sangat mampu. Berdasarkan data-data di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung dengan berbelanja di kantin dapat meningkatkan kemampuan mengoperasikan uang pada murid tunagrahita kelas VI di Sekolah Khusus Negeri 1 kendari. Kata Kunci: Mengoperasikan Uang, Pembelajaran Langsung (Direct Instruction).

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 May 2023 01:34
Last Modified: 23 May 2023 01:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29025

Actions (login required)

View Item View Item