PEMBELAJARAN STUDI KHUSUS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

AULIA NURANI, VISKA (2022) PEMBELAJARAN STUDI KHUSUS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ARTIKEL-VISKA AULIA NURANI 1881042005 - Viska Aulia Nurani.pdf

Download (205kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komponen RPS, pelaksanaan pembelajaran berdasarkan RPS dan Penilaian mata kuliah studi khusus Desain Komunikasi Visual pada Program Studi Pendidikan Seni RupaFSD UNM. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman yang dilakukan di Fakultas Seni dan Desain dengan narasumber utama yakni dosen dan mahasiswa peserta mata kuliah studi khusus Desain Komunikasi Visual Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) RPS yang dibuat oleh dosen pada mata kuliah studi khusus DKV pada umumnya telah sesuai dengan standar penyusunan RPP yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam Panduan Penyusunan Kurikulum di Perguruan Tinggi tahun 2020 halaman 43-47. (2) Pelaksanaan Pembelajaran yang difokuskan pada tiga tahap yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup yang mengacu pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dapat diuraikan bahwa masih ada tahapan yang tidak dilaksanakan oleh dosen sesuai yang tercantum dalam RPP yang telah dibuat. (3) Hasil penilaian yang dilakukan oleh dosen hanya memusatkan penilaiannya pada proses pembuatan karya. Hal ini tidak sesuai dengan sistem penilaian dalam pembelajaran praktek, di mana seorang pengajar dalam menilai karya seni yang dibuat mahasiswa semestinya menilai dari kegiatan proses pembuatan karya dan hasil karya seni itu sendiri. Kata kunci : studi khusus,desain komunikasi visual, pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 23 May 2023 08:39
Last Modified: 23 May 2023 08:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28927

Actions (login required)

View Item View Item