PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN FASE-FASE BULAN BERBASIS ANIMASI

EDIB HANUM, NEELAM (2022) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN FASE-FASE BULAN BERBASIS ANIMASI. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Artikel_Neelam Edib Hanum_1786142010_Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Fase Bulan Berbasis Animasi - Kentakiy.pdf

Download (706kB)

Abstract

Perancangan ini memiliki tujuan membuat media pengenalan fase-fase bulan untuk kelas 6 Sekolah Dasar yang dilatarbelakangi oleh temuan penulis di mana belum adanya media bantu ajar yang digunakan untuk pengajaran pada materi fase-fase di Sekolah Dasar Negeri UPTD 142 Barru. Metode perancangan yang digunakan adalah metode Reseacrh and Development (R&D), model R&D yang digunakan dalam penelitian perancangan ini adalah model 4-D (Four D) yaitu Define (pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (pengembangan). Namun pada penelitian perancangan ini hanya digunakan tahap Define dan Design. Data penelitian ini didapatkan dari data hasil wawancara, observasi, survei, serta kajian pustaka mengenai materi fase bulan. Pada tahap perancangan dilakukan konsep desain, materi komunikasi, sinopsis, penokohan, storyline dan dilanjutkan dengan storyboard yang kemudian didigitalisasi mulai karakter hingga media pedukung lalu proses editing hingga hasil final. Hasil dari perancangan ini adalah video animasi 2D yang memvisualisasikan materi perubahan fase-fase bulan berdasarkan materi buku pembelajaran pada sekolah dasar kelas 6. Animasi yang berjudul “Astro & Naumi Perubahan Fase Bulan” dapat digunakan sebagai media pendukung dalam pembelajaran materi perubahan fase-fase bulan. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Animasi, Fase Bulan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Desain Komuniksi Visual
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 23 May 2023 08:39
Last Modified: 23 May 2023 08:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28920

Actions (login required)

View Item View Item