Hasriyanti, Hasriyanti (2022) Pendidikan Konservasi Melalui Budaya Patorani Berdasarkan Sudut Pandang Ilmu Geografi. JPIG (JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU GEOGRAFI), 7 (1). pp. 11-21. ISSN ISSN (online) 2540-9832 & ISSN (print) 2540-9077
Text (Peer Review)
8.b Review pendidikan konservasi.pdf Download (2MB) |
|
Text (Turnitin)
8.c Turnitin pendidikan konservasi.pdf Download (2MB) |
|
Text (Jurnal)
8.a jurnal.pdf Download (239kB) |
Abstract
Konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya berkaitan erat dengan tercapainya sasaran yakni menjamin terpeliharanya proses ekologis yang menunjang sistem penyangga kehidupan bagi kelangsungan pembangunan dan kesejahteraan manusia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan tinjauan literatur dan dokumen. Data dianalisis melalui proses reduksi data, display, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk konservasi nelayan patorani yakni bentuk konservasi melalui pengetahuan, konservasi melalui alat tangkap, konservasi melalui teknik penangkapan, konservasi melalui ritual keagamaan dan kepercayaan, dan konservasi melalui kasipalli (pantangan). Nelayan patorani tidak lagi sepenuhnya dikontrol oleh lingkungan, tetapi mereka berperan besar menentukan bentuk kegiatan di lingkungan laut (geographical possibilism and probabilism) yang kemudia dikenal dengan pendekatan ekologi (ecological approach). Pendekatan tersebut tepat dalam mengkaji tentang konservasi sumberdaya perikanan di Kecamatan Galesong.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Zainatun |
Date Deposited: | 23 May 2023 08:38 |
Last Modified: | 23 May 2023 08:38 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28873 |
Actions (login required)
View Item |