Pendidikan Konservasi Melalui Budaya Patorani Berdasarkan Sudut Pandang Ilmu Geografi

Hasriyanti, Hasriyanti (2022) Pendidikan Konservasi Melalui Budaya Patorani Berdasarkan Sudut Pandang Ilmu Geografi. JPIG (JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU GEOGRAFI), 7 (1). pp. 11-21. ISSN ISSN (online) 2540-9832 & ISSN (print) 2540-9077

[img] Text (Peer Review)
8.b Review pendidikan konservasi.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Turnitin)
8.c Turnitin pendidikan konservasi.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Jurnal)
8.a jurnal.pdf

Download (239kB)
Official URL: https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPIG/arti...

Abstract

Konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya berkaitan erat dengan tercapainya sasaran yakni menjamin terpeliharanya proses ekologis yang menunjang sistem penyangga kehidupan bagi kelangsungan pembangunan dan kesejahteraan manusia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan tinjauan literatur dan dokumen. Data dianalisis melalui proses reduksi data, display, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk konservasi nelayan patorani yakni bentuk konservasi melalui pengetahuan, konservasi melalui alat tangkap, konservasi melalui teknik penangkapan, konservasi melalui ritual keagamaan dan kepercayaan, dan konservasi melalui kasipalli (pantangan). Nelayan patorani tidak lagi sepenuhnya dikontrol oleh lingkungan, tetapi mereka berperan besar menentukan bentuk kegiatan di lingkungan laut (geographical possibilism and probabilism) yang kemudia dikenal dengan pendekatan ekologi (ecological approach). Pendekatan tersebut tepat dalam mengkaji tentang konservasi sumberdaya perikanan di Kecamatan Galesong.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Zainatun
Date Deposited: 23 May 2023 08:38
Last Modified: 23 May 2023 08:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28873

Actions (login required)

View Item View Item