Peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui penggunaan papan baca gembira pada murid down syndrome kelas III Di SLBN 1 Makassar

ASMAYANTI (2023) Peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui penggunaan papan baca gembira pada murid down syndrome kelas III Di SLBN 1 Makassar.

[img] Text
Jurnal Asmayanti..pdf

Download (575kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan mengenal huruf abjad pada murid down syndrome di mata pelajaran Bahasa indonesia diSLBN 1 Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kemampuan mengenal huruf abjad melalui media papan baca gembira pada murid Down Syndrome kelas III? Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui:1) kemampuan mengenal huruf abjad melalui media papan baca gembira pada murid down syndrome pada kondisi baseline 1. 2) kemampuan mengenal huruf abjad pada kondisi intervensi (intervensi).3)kemampuan mengenal huruf abjad pada kondisi baseline2. 4) kemampuan mengenal huruf abjad berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu pada kondisi baseline 1 ke kondisi intervensi dan dari kondisi intervensi ke kondisi Baseline 2. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen(Single Subject Research (SSR) desain A-B-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang murid down syndrome kelas III yang berinisial SR. Kesimpulan penelitian ini: 1) kemampuan mengenal huruf abjad murid down syndrome kelas III sebelum diberi perlakuan sangat kurang, 2) kemampuan mengenal huruf abjad murid down syndrome kelas III pada saat intervensi berlangsung menjadi kategori baik, 3) kemampuan mengenal huruf abjad murid down syndrome kelas III setelah diberi perlakuan memperoleh kategori sangat baik, 4) kemampuan mengenal huruf abjad murid down syndrome kelas III berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu pada kondisi baseline 1 (A1) sangat kurang, pada kondisi intervensi kategori baik, dan pada kondisi baseline 2 pada kategori baik sekali. Kata Kunci: Kemampuan mengenal huruf abjad, papan baca gembira, down syndrome

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 May 2023 06:07
Last Modified: 12 May 2023 06:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28832

Actions (login required)

View Item View Item