Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Melalui Media Stick Angka Pada Murid Tunarungu Kelas III Di Slb Negeri 1 Kota Bima

DITA PUSPITA SARI (2023) Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Melalui Media Stick Angka Pada Murid Tunarungu Kelas III Di Slb Negeri 1 Kota Bima.

[img] Text
JURNAL DITA PUSPITA SARI.pdf

Download (685kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuanberhitung penjumlahan murid Tunarungupada mata pelajaran Matematika di SLB Negeri 1 Kota Bima. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah Gambaran Peningkatan Kemampuan Operasi berhitung penjumlahanmelalui Stick angka pada murid Tunarungu kelas III di SLB Negeri 1 Kota Bima” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berhitung penjumlahan murid Tunarungupada mata pelajaran Matematika di SLB Negeri 1 Kota Bima. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah Gambaran Peningkatan Kemampuan Operasi berhitung penjumlahanmelalui Stick angka pada murid Tunarungu kelas III di SLB Negeri 1 Kota Bima” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kemampuan berhitung penjumlahan pada subjekpenelitian (AV) sebelum diberikan perlakuan Baseline 1 (A1) atau sebelum penggunaan Stickangka nilainya dalam kategori masih sangat kurang. (2) Penggunaan Stick angka untukmeningkatkan Kemampuan berhitung penjumlahan subjek penelitian (AV) selama diberikan perlakuan Intervensi (B) atau pada saat penggunaan Stick angka nilainya dalam kategori baiksekali. (3) Kemampuan berhitung penjumlahan subjek penelitian (AV) setelah diberikanperlakuan Baseline 2 (A2) sesudah penggunaan Stick angka nilainya dalam kategori baik. (4)Terdapat peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan pada murid Tunarungu kelas III diSLB Negeri 1 Kota Bima. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Stick angkadalam proses belajar matematika maka dapat meningkatkan kemampuan murid Tunarungu dalam berhitung penjumlahan dari angka satu sampai 20. Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah tes Tertulis.. Subjek penelitian ini adalah satu orang murid Tunarungu kelasIII di SLB Negeri 1 Kota Bima yang berinisial AV. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dengandemikian kemampuan setelah diberikan perlakuan murid menurun, Akan tetapi nilai yang diperoleh lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Kata Kunci: Stick Angka, Kemampuan Berhitung Penjumlahan, Tunarungu

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 May 2023 05:56
Last Modified: 12 May 2023 05:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28828

Actions (login required)

View Item View Item