PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI CARA PERKEMBANGBIAKAN HEWAN MELALUI PENGGUNAANMETODE OUTDOOR STUDY PADA MURID TUNAGRAHITA KELAS VII DI SLB YPPKS TAKALALA

FERIAN ERLANGGA (2023) PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI CARA PERKEMBANGBIAKAN HEWAN MELALUI PENGGUNAANMETODE OUTDOOR STUDY PADA MURID TUNAGRAHITA KELAS VII DI SLB YPPKS TAKALALA.

[img] Text
JURNAL FERIAN ERLANGGA 1645042008.pdf

Download (395kB)

Abstract

Ferian Erlangga, 2021. PeningkatkanKemampuanMengidentifikasi Cara Perkembangbiakan Hewan Melalui Penggunaan Metode Outdoor Study Pada Murid Tunagrahita Kelas VII di SLB YPPKS Takalala. Skripsi dibimbing oleh Drs. Andi Budiman, M.Kes. dan Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd. Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Kemampuan awal Mengidentifikasi CaraPerkembangbiakan Hewan pada murid tunagrahita kelas VII di SLB YPPKS Takalala. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Bagaimana peningkatan kemampuan mengindentifikasi cara perkembangbiakan hewan melalui penggunaan metode Outdoor Study pada murid tunagrahita kelas VII di SLB YPPKS Takalala. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif secara pengulangan. Subjek dalam penelitian iniadalah seorang murid tunagrahita kelas VII di SLB YPPKS Takalala yang berinisial IS. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes. Analisis data menggunakan hasil tes sebelum dan sesudah intervensi dengan uji Wilcoxen dengan menggunakan aplikasi SPSS. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode Outdoor Study terdapat pengaruh mendalam dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi perkembangbangbiakan hewa pada murid tunagrahita. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat menjawab pertanyaan penelitian yang telah diajukan, sehingga dapat disimpulkan bahwa: Berdasarkan Analisis Uji Wilcoxen Positif Rank atau selisif (positif) antara hasil kemampuan mengidentifikasi perkembangbiakan untuk Pre Test dan Post Test. Disini terdapat 4 data positif (N) yang artinya ke 4 pengulangan mengalami peningkatan kemampuan mengidentifikasi perkembangbiakan hewan dari nilai Pre Test ke Nilai Post Test. Mean Rank atau rata-rata peningkatan tesebut sebesar 2.50, sedangkan jumlah rangking positif atau sum of ranks adalah 10.00. Kata kunci: Kemampuan mengidentifikasi perkembangbiakan hewan, Metode outdoor study, Murid Tunagrahita.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 May 2023 05:50
Last Modified: 12 May 2023 05:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28825

Actions (login required)

View Item View Item