PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ABAKUS TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAAN ANAK AUTIS KELAS III SD DI SLB NEGERI 1 MAKASSAR

ST. NURUL SAKINAH RUSMAN (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ABAKUS TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAAN ANAK AUTIS KELAS III SD DI SLB NEGERI 1 MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal sakinah.pdf

Download (1MB)

Abstract

ST. NURUL SAKINAH RUSMAN, 2022. Pengaruh Media Abakus Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Anak Autis Kelas III SD di SLB Negeri 1 Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dr. H. Syamsuddin, M. Si, sebagai pembimbing 1 dan Prof. Dr. H. Abdul Hadis, M. Pd sebagai pembimbing 2; Jurusan Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan operasi hitung penjumlahan pada murid autis. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan operasi hitung penjumlahan pada murid autis kelas III SD di SLB Negeri 1 Makassar dapat meningkat sebelum digunakan Media Abakus? Bagaimana kemampuan operasi hitung penjumlahan pada anak autis kelas III SD di SLB Negeri 1 Makassar dapat meningkat pada proses pembelajaran matematika menggunakan Media Abakus? Bagaimana kemampua operasi hitung penjumlahan pada anak autis kelas III SD di SLB Negeri 1 Makassar dapat meningkat sesudah digunakan Media Abakus?” Penelitian ini menggunakan media dengan subjek tunggal (Single subject research/SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan : 1) kemampuan operasi hitung penjumlahan subjek MS sebelum diberikan perlakuan sangat rendah berdasarkan pada kondisi baseline 1 (A1), 2) kemampuan operasihitung penjumlahan subjek MS selama diberikan perlakuan meningkat ke kategori tinggi dilihat dari analisis dalam kondisi Intervensi (B), 3) kemampuan operasi hitung penjumlahan subjek MS setelah dibrikan perlakuan menurun ke kategori cukup dapat dilihat dari kondisi baseline 2 (A2), 4) peningkatan kemampuan operasi hitungpenjumlahan subjek MS berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu pada kondisi sebelum diberikan perlakuan kemampuan siswa sangat rendah, meningkat ke kategori tinggi selama diberikan perlakuan, dan dari kategori tinggi pada kondisi selama diberikan perlakuan menurun ke kategori cukup setelah diberikan perlakuan, akan tetapi nilai yang diperoleh subjek MS lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Kata kunci: Media Abakus, Operasi hitung Penjumlahan, Autis

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 May 2023 03:10
Last Modified: 12 May 2023 03:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28812

Actions (login required)

View Item View Item