PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IV DI SLB NEGERI 1 GOWA

Fitra (2023) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IV DI SLB NEGERI 1 GOWA.

[img] Text
JURNAL Pitto.pdf

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan membaca permulaan khususnya membaca suku kata dan kata dengan benar di SLB Negeri 1 Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Negeri 1 Gowa”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan sebelum diberikan perlakuan, (2) kemampuan membaca permulaan selama diberikan perlakuan, (3) kemampuan membaca permulaan setelah diberikan perlakuan, (4) peningkatan kemampuan membaca permulaan berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum ke selama diberikan perlakuan dan dari kondisi selama diberikan perlakuan ke setelah diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan data adalah tes perbuatan membaca permulaan. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang murid tunagrahita ringan kelas dasar IV berinisial MF. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu Single Subject Research (SSR) dengan disain A-B-A. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) kemampuan membaca permulaan subjek MF sebelum diberikan perlakuan sangat rendah berdasarkan pada kondisi baseline 1 (A1), (2) kemampuan membaca permulaan subjek MF selama diberikan perlakuan meningkat ke kategori sangat tinggi dilihat dari analisis dalam kondisi Intervensi (B), (3) kemampuan membaca permulaan subjek MF setelah diberikan perlakuan meningkat ke kategori tinggi dilihat dari kondisi baseline 2 (A2), (4) peningkatan kemampuan membaca permulaan subjek MF berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu pada kondisi sebelum diberikan perlakuan kemampuan murid sangat rendah, meningkat ke kategori tinggi selama diberikan perlakuan, dan dari kategori sangat tinggi pada kondisi selama diberikan perlakuan menurun ke kategori tinggi setelah diberikan perlakuan, akan tetapi nilai yang diperoleh subjek MF lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Dengan demikian kemampuan membaca permulaan murid setelah diberikan perlakuan tetap dikatakan meningkat, hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari pemberian intervensi.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 May 2023 02:52
Last Modified: 12 May 2023 02:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28804

Actions (login required)

View Item View Item