Pengembangan perangkat pembelajaran Kimia Model Learning cycle dengan pendekatan sainstifik pada materi reaksi reduksi oksidasi di kelas X SMA. ( Dibimbing oleh Dr H. Tabrani Gani, M.Pd., dan Drs. H. Munir Tanrere, M.Pd. ).

AGUSTINA., AGUSTINA. (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran Kimia Model Learning cycle dengan pendekatan sainstifik pada materi reaksi reduksi oksidasi di kelas X SMA. ( Dibimbing oleh Dr H. Tabrani Gani, M.Pd., dan Drs. H. Munir Tanrere, M.Pd. ). S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
AGUSTINA. 2014.docx

Download (11kB)

ABSTRAK AGUSTINA. 2014. Pengembangan perangkat pembelajaran Kimia Model Learning cycle dengan pendekatan sainstifik pada materi reaksi reduksi oksidasi di kelas X SMA. ( Dibimbing oleh Dr H. Tabrani Gani, M.Pd., dan Drs. H. Munir Tanrere, M.Pd. ). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasikan perangkat pembelajaran model Learning cycle dengan pendekatan sainstifik untuk materi reaksi reduksi oksidasi, Model Pengembangan yang digunakan adalah 4-D yaitu Define, Design, Develop, Diseminate, yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku siswa, Lembar Kerja Siswa, dan tes hasil belajar yang di kembangkan, Subjek uji coba penelitian ini adalah Siswa kelas X Peminatan IPA 4 SMAN 1 Bulukumba. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan analisis data kevalidan perangkat pembelajaran, kepraktisan, dan analisis data keefektifan dan bagaimana kualitas perangkat dikembangkan. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh 2 orang ahli dengan hasil penelitian berada pada kategori sangat valid.. Hasil analisis pengamatan keterlaksanaan perangkat menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kimia berbasis learning cycle memenuhi kriteria praktis, dengan nilai keterlaksanaan 1,89 atau terlaksana seluruhnya. Sedangkan berdasarkan hasil analisis perangkat berada pada kategori efektif. Analisis pengelolaan pembelajaran dengan nilai 3,44 (tinggi), analisis Skor maksimum 97 dan skor minimum 70 dengan rata-rata 86,74. Berdasarkan hasil analisis kevalidan kepraktisan dan keefektifan tersebut diatas maka perangkat yang dihasilkan baik untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 01:49
Last Modified: 30 Nov 2016 11:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/288

Actions (login required)

View Item View Item