SITTI NURHALISA (2023) PROGRAM GURU PENGGERAK DALAM MENINGKATKANPROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI 2 POLEWALI.
Text
Sitti Nurhalisa-Guru Penggerak-Artikel.pdf Download (261kB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis tentang Program Guru Penggerak di Kabupaten Polewali Mandar, Khususnya SMA Negeri 2 Polewali. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui sejauh mana keefektivan program ini dapat memberikan pengaruhi terhadap profesionalisme guru yang dilihat dari kolaborasi antar guru penggerak, kolaborasi guru penggerak dengan masyarakat sekolah, serta perubahan seperti apa yang terjadi pasca berjalannya program dan sebelum adanya guru penggerak di sekolah. Pendekatan yang di gunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu Guru Penggerark, Guru Non Penggerak, dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya Program guru penggerak dinilai efektif dalam memberikan perubahan terhadap kemajuan tenaga pendidik di sekolah. Hal ini dibuktikan dengan keterlaksanaan program komunitas praktisi dan budaya positif di SMA Negeri 2 Polewali. Jenis kegiatan yang di laksanakan yaitu berbagai diklat dan desiminasi bagi para tenaga pendidik, pembentukan anggota komunitas, adanya kelompok belajar melalui media Croombook. Penerapan profil pancasila sebagai penguatan karakter peserta didik melalui kegiatan keyakinan kelas dan pembiasaan-pembiasaan positif di lingkungan sekolah, serta berbagai inovasi kegiatan guru dan siswa yang melibatkan seluruh masyarakat sekolah. Kata kunci: Guru Penggerak, kolaborasi,inovasi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 May 2023 02:35 |
Last Modified: | 12 May 2023 02:35 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28793 |
Actions (login required)
View Item |