PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Musa, Muh. Ichwan (2017) PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Jurnal Economix, 5 (1). pp. 181-192.

[img] Text (Turnitin)
29. Pengaruh Citra Merek.pdf - Other

Download (2MB)
[img] Text (Article)
29. PENGARUH CITRA MEREK.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (Peer Review)
29. Pengaruh Citra Merek.pdf - Other

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/economix/article/view/5372

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek (brand image) terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung pada mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Variabel dalam penelitian ini yaitu terdapat 3 (tiga) variabel bebas (X) adalah citra perusahaan (corporate image), citra pemakai (user image) dan citra produk (product image) dan variabel terikat (Y) yaitu keputusan pembelian yang diukur dengan menggunakan data dari kuesioner (primer) dan beberapa observasi serta wawancara langsung dengan pihak terkait pengguna smartphone Samsung. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Makassar yang terdiri dari fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Fakultas Ekonomi yang bertempat di kampus Gunung Sari dan sampelnya terdiri dari 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, analisis regresi berganda, analisis korelasi Pearson Product Moment, analisis koefisien determinasi (R2) , uji F dan uji-t dengan bantuan perangkat lunak komputer program SPSS 21. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa data yang diolah valid dan reliabel. Hasil analisis diperoleh persamaan Ŷ =-3,026 + 0,300X1 + 0,275X2 + 0,432X3. Berdasarkan koefisien korelasi Pearson Product Moment semua variabel bebas (X) menunjukkan nilai korelasi positif dan berada dalam kategori kuat dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menandakan bahwa hubungan yang terjadi adalah signifikan. Dari penelitian ini diperoleh nilai R square 0,703 hal ini berarti citra merek yang terdiri dari citra perusahaan, citra pemakai dan citra produk memberikan kontribusi sebesar 70,3 % terhadap keputusan pembelian konsumen. Selain itu sebesar 29,7 % keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Manajemen
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Dr. M. Ikhwan Maulana Haeruddin
Date Deposited: 11 May 2023 12:02
Last Modified: 11 May 2023 12:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28783

Actions (login required)

View Item View Item