Pengaruh Latihan Gyaku Tzuki Berbeban Latex Power Band Rox Terhadap Peningkatan Kecepatan Pukulan Pada Atlet Karate INKANAS Sulawesi Selatan

Same, Rahyuddin Jide and Bismar, Ahmad Rum and Rahman, Amri and Jaya, Andi Mas (2022) Pengaruh Latihan Gyaku Tzuki Berbeban Latex Power Band Rox Terhadap Peningkatan Kecepatan Pukulan Pada Atlet Karate INKANAS Sulawesi Selatan. In: Seminar Nasional Hasil Penelitian 2022 "Membangun Negeri dengan Inovasi tiada henti melalui penelitian, 2022, Makassar; Indonesia.

[img] Text (Artikel)
prosiding Pengaruh Latihan Gyaku Tzuki Berbeban Latex Power.pdf

Download (209kB)
[img] Text (peer reviewer)
Peer Review Pengaruh Latihan Gyaku Tzuki Berbeban Latex Power Band RoxTerhadap Peningkatan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Kecepatan Memukul dalam olahraga karate adalah hal yang sangat penting untuk dikuasai. Dalam hal pertandingan kumite kecepatan pukulan merupakan unsur fisik yang mutlak harus dimikliki oleh atlet karate untuk memenagkan pertandingan. Dalam proposal penelitian ini, peneliti ingin mencoba menerpakan model latihan untuk meningkatkan kemampuan kecepatan pukulan gyaku tsuki atlet karate, model latihan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah latihan gyaku tzuki berbeban karet latex power band rox terhadap kecepatan memukul dalam olahraga karate pada perguruan INKANAS Sulawesi Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan gyaku tsuki berbeban karet terhadap kecepatan pukulan berbeban latex power band rox pada atlet Inkanas Sulawesi Selatan, menggunakan metode eksperimen pretest-posttest control group design. Pada penelitian ini terdapat dua kelompok yakni Kelompok A (Eksperimen) dan Kelompok B (Kontrol). Setelah tes awal berupa tes kecepatan pukulan gyaku tsuki dalam olahraga karate, selanjutnya atlet disusun berdasarkan rangking kemudian dikelompokkan dengan teknik matcing ordinal. Kelompok A mendapat latihan pukulan berbeban latex power band rox dan kelompok B latihan gyaku tsuki tanpa beban karet. Kedua kelompok akan menyelesaikan program latihan dengan 24 kali pertemuan (dua bulan) Program masing-masing kelompok disusun sebelum penelitian. Teknik analisis data menggunakan Uji Perbedaan rata-rata. Hasil yang ditargetkan adalah terciptanya model latihan fisik tentang peningkatan kecepatan pukulan gyaku tsuki dalam olahraga karate.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Latihan, Gyaku Tzuki, Berbeban, Latex Power Band Rox, Kecepatan Pukulan
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 11 May 2023 04:31
Last Modified: 11 May 2023 04:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28780

Actions (login required)

View Item View Item