Musa, Muh. Ichwan (2017) PENGARUH ESENSI PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Jurnal Economix, 5 (2). pp. 58-69.
Text (Article)
30. PENGARUH ESENSI PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN.pdf - Published Version Download (602kB) |
|
Text (Turnitin)
30. Pengaruh Esensi Promosi.pdf - Other Download (2MB) |
|
Text (Peer Review)
30. Pengaruh esensi promosi.pdf - Other Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Esensi Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi UNM yang berjumlah 2.424 orang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang dengan menggunakan teori sampel Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan kuesioner. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) v. 21. Persamaan regresi linier berganda menghasilkan persamaan Y = a + b1X1 + b2X2 + e. Dengan demikian hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis korelasi determinasi (R Square) sebesar 0,570 yang menunjukkan bahwa variabel promosi mampu memberikan kontribusi sebesar 57,0 %. Selisihnya 43 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil uji F dengan nilai F hitung (66,492) > F tabel (3,09) dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Sedang hasil uji t menjelaskan t hitung untuk variabel X1 adalah sebesar (8,618) > t tabel (1,661) dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Maka H0 ditolak dan hipotesis yang diterima adalah H2 yang berarti variabel Brand Awareness secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y (Keputusan Pembelian). Hasil Uji Parsial untuk variabel X2 menjelaskan bahwa t hitung (2,664) > t tabel (1,661) dengan taraf signifikansi 0,009 < 0,05. Maka H0 ditolak dan hipotesis yang diterima adalah H3 yang berarti variabel Brand Loyality secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y (Keputusan Pembelian).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS EKONOMI FAKULTAS EKONOMI > Manajemen KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS EKONOMI |
Depositing User: | Dr. M. Ikhwan Maulana Haeruddin |
Date Deposited: | 10 May 2023 13:12 |
Last Modified: | 10 May 2023 13:12 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28770 |
Actions (login required)
View Item |