Musa, Muh. Ichwan (2022) PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KFC CABANG PETTARANI KOTA MAKASSAR. Jurnal Manajemen, 2 (1). pp. 27-32. ISSN 2829-5412
Text (Article)
35. PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN.pdf - Published Version Download (623kB) |
|
Text (Turnitin)
35. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan.pdf - Other Download (1MB) |
|
Text (Peer Review)
35. Pengaruh Kualitas Produk.pdf - Other Download (259kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada KFC cabang pettarani kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas produk sedangkan variabel terikatnya adalahkepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan KFC Pettarani Kota Makassar yang berjumlah 43.000 orang pelanggan setiap bulannya, sedangkan sampel yang digunakan berdasarkan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% yaitu sebanyak 100 orang responden. Teknik penarikan sampling yaitu non probability sampling dengan teknik yang diambil yaitu teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS 25.00 for windows. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana, diperoleh hasil bahwa kualitas produk mempengaruhi kepuasan pelanggan. Pengaruh yang diberikan bersifat positif dan signifikan. Arah positif yang diberikan variabel kualitas produk (independen) dapat dilihat dari persamaan regresi sebagai berikut: Y = 1,663 + 0,310X. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas produk adalah apa saja yang dapat ditawarkan baik berupa produk atau jasa kepada pasar agar dapat dibeli, digunakan, atau dikomsumsi, yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan pelanggan.Sedangkan kepuasan pelanggan adalah lebih mengarah pada perasaan senang atau kecewa dari seseorang yang muncul setelah membandingkan produk maupun jasa dari apa yang mereka pikirkan dengan apa yang mereka harapkan. Adapun alat ukur kepuasan pelanggan yaitu memberi kesempatan bagi para pelanggan untuk menyampaikan saran, pendapat maupun keluhan, dengan informasi yang diberikan pelanggan sangat berguna untuk memperbaiki kekurangannya. Jadi dapat disimpulkan bahwa apabila kualitas produk memberikan kesan positif maka akan meningkatkan kepuasan pelanggan begitupun sebaliknya, apabila dari kualitas produk memberikan kesan negatif maka kepuasan pelanggan akan menurun. Karena pelanggan akan merasa puas apabila membeli dan mengkomsumsi produk yang memiliki kualitas yang baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS EKONOMI FAKULTAS EKONOMI > Manajemen KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS EKONOMI |
Depositing User: | Dr. M. Ikhwan Maulana Haeruddin |
Date Deposited: | 10 May 2023 13:12 |
Last Modified: | 10 May 2023 13:12 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28764 |
Actions (login required)
View Item |