PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KFC CABANG PETTARANI KOTA MAKASSAR

Musa, Muh. Ichwan (2022) PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KFC CABANG PETTARANI KOTA MAKASSAR. Jurnal Manajemen, 2 (1). pp. 27-32. ISSN 2829-5412

[img] Text (Article)
35. PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN.pdf - Published Version

Download (623kB)
[img] Text (Turnitin)
35. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan.pdf - Other

Download (1MB)
[img] Text (Peer Review)
35. Pengaruh Kualitas Produk.pdf - Other

Download (259kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/manajemen/article/view/31998

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada KFC cabang pettarani kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas produk sedangkan variabel terikatnya adalahkepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan KFC Pettarani Kota Makassar yang berjumlah 43.000 orang pelanggan setiap bulannya, sedangkan sampel yang digunakan berdasarkan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% yaitu sebanyak 100 orang responden. Teknik penarikan sampling yaitu non probability sampling dengan teknik yang diambil yaitu teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS 25.00 for windows. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana, diperoleh hasil bahwa kualitas produk mempengaruhi kepuasan pelanggan. Pengaruh yang diberikan bersifat positif dan signifikan. Arah positif yang diberikan variabel kualitas produk (independen) dapat dilihat dari persamaan regresi sebagai berikut: Y = 1,663 + 0,310X. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas produk adalah apa saja yang dapat ditawarkan baik berupa produk atau jasa kepada pasar agar dapat dibeli, digunakan, atau dikomsumsi, yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan pelanggan.Sedangkan kepuasan pelanggan adalah lebih mengarah pada perasaan senang atau kecewa dari seseorang yang muncul setelah membandingkan produk maupun jasa dari apa yang mereka pikirkan dengan apa yang mereka harapkan. Adapun alat ukur kepuasan pelanggan yaitu memberi kesempatan bagi para pelanggan untuk menyampaikan saran, pendapat maupun keluhan, dengan informasi yang diberikan pelanggan sangat berguna untuk memperbaiki kekurangannya. Jadi dapat disimpulkan bahwa apabila kualitas produk memberikan kesan positif maka akan meningkatkan kepuasan pelanggan begitupun sebaliknya, apabila dari kualitas produk memberikan kesan negatif maka kepuasan pelanggan akan menurun. Karena pelanggan akan merasa puas apabila membeli dan mengkomsumsi produk yang memiliki kualitas yang baik.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Manajemen
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Dr. M. Ikhwan Maulana Haeruddin
Date Deposited: 10 May 2023 13:12
Last Modified: 10 May 2023 13:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28764

Actions (login required)

View Item View Item