Potensi pengembangan pertanian perkotaan dalam mewujudkan pembangunan perkotaan yang berkelanjutan (Studi Kasus KWT Anggrek Kecamatan Bara-Barayya Kota Makassar)

Abdullah, Nurhanis and Hasan, Muhammad and Rakib, Muhammad (2022) Potensi pengembangan pertanian perkotaan dalam mewujudkan pembangunan perkotaan yang berkelanjutan (Studi Kasus KWT Anggrek Kecamatan Bara-Barayya Kota Makassar). In: Semnas Politani Pangkep “Multifunctional Agriculture for Food, Renewable Energy, Water, and Air Security”, 2022, Pangkep, Sulawesi Selatan.

[img] Text
Potensi Pengembangan Pertanian Perkotaan dalam Mewujudkan Pembangunan Perkotaan Yang Berkelanjutan (Studi Kasus KWT Anggrek Kecamatan Bara-Barayya Kota Makassar).pdf

Download (308kB)
[img] Text
Peer Review_1.3.4 POTENSI PENGEMBANGAN PERTANIAN PERKOTAAN DALAM MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN PERKOTAAN YANG BERKELANJUTAN (STUDI KASUS KWT ANGGREK KECAMATAN BARA-BARAYYA KOTA MAKASSAR).pdf

Download (665kB)
Official URL: https://ojs.polipangkep.ac.id/index.php/proppnp/ar...

Abstract

Perkotaan umumnya diidentikkan dengan perkembangan industrilisasi dan pemanfaatan lahan non pertanian. Tetapi pertanian merupakan satu pola pemanfaatan lahan yang akan menjadi suatu tolak ukur keberlanjutan pembangunan suatu kawasan perkotaan. Kawasan perkotaan Makassar memiliki daya dukung dalam pembentukan dan pengadaan pertanian perkotaan yang sangat cocok. Kota Makassar cocok menjadi kawasan pertanian perkotaan untuk mengembangkan tanaman lahan basah, lahan semi basah, hortikultura, pertanian bulanan, pertanian semusim, serta jenis tanaman lainnya dengan memanfaatkan lahan perkotaan yang terbatas pada kawasan perkotaan yang padat. Dalam mewujudkan pembangunan perkotaan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, maka pertanian perkotaan sangat tepat dijadikan sebagai salah satu bagian pembangunan perkotaan yang berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara umum bagaimana potensi dari pertanian perkotaan dalam membangun perkotaan yang berkelanjutan. Adapun metode dari penelitian ini adalah explanatory kualitatif. Adapun hasilnya menunjukkan bahwa pertanian perkotaan merupakan bagian dari pembangunan perkotaan yang perlu untuk dilaksanakan dengan baik untuk mewujudkan pembangunan perkotaan yang berkelanjutan. Penelitian ini diharapakan mampu memberikan gambaran betapa pentingnya pertanian perkotaan bagi pembangunan perkotaan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi

KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Muhammad Hasan
Date Deposited: 11 May 2023 04:24
Last Modified: 11 May 2023 04:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28737

Actions (login required)

View Item View Item