PENGARUH MODEL METAKOGNIFIT PADA PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI DI KELAS VIII SMP ISLAM ATHIRAH MAKASSAR

Isnaeni, lulu and Asri, Aswati and Saleh, Muhammad (2022) PENGARUH MODEL METAKOGNIFIT PADA PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI DI KELAS VIII SMP ISLAM ATHIRAH MAKASSAR. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 4 (2). ISSN p-ISSN: 2656-9914 e-ISSN: 2656-8772

[img] Text
12. The Effect of Metacognitif Model On Exposition Text Learning In Class VIII Islamic High School Athir.pdf

Download (563kB)
[img] Text
12.Artikel PENGARUH MODEL METAKOGNIFIT.pdf

Download (226kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran metakognitif dalam pembelajaran teks eksposisi di kelas VIII SMP Islam Athirah Bukit Baruga Makassar dengan mengacu pada hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pre eksperimen yang melibatkan satu kelompok yang diberi perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Athirah Bukit Baruga Makassar pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Sampel dipilih secara acak sehingga diperoleh sampel sejumlah 78 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar (pretest dan posttest) dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistika deskriptif dan inferensial menunjukkan: (1) Rata-rata nilai (pretest) yaitu 67.92 tergolong kategori rendah sedangkan (posttest) yaitu 91,10 tergolong kategori sangat tinggi, (2) Rata-rata persentase aktivitas siswa mencapai 92% yang berarti aktivitas siswa berkategori sangat berpengaruh (3) nilai uji-t menunjukkan ttabel= 1,708 dan thitung= 34,18 p=0,000 yang berarti signifikan,(4) Nilai gain score=23,18 berarti terjadi kenaikan nilai. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran metakognitif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks dengan materi pokok teks eksposisi di kelas VIII SMP Islam Athirah Bukit Baruga Makassar. Kata kunci: metakognitif, hasil belajar, teks eksposisi

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Farid Sehuddin
Date Deposited: 09 May 2023 11:21
Last Modified: 09 May 2023 11:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28695

Actions (login required)

View Item View Item