PENGARUH BAHAN AJAR KETERAMPILAN BERBICARA TERHADAP KESANTUNAN BERBAHASA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR BERDASARKAN PERSPEKTIF LATAR PENDIDIKAN ORANG TUA

Fitri, Sakinah and Saleh, Muhammad and Jahrir, Andi Sahtiani (2020) PENGARUH BAHAN AJAR KETERAMPILAN BERBICARA TERHADAP KESANTUNAN BERBAHASA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR BERDASARKAN PERSPEKTIF LATAR PENDIDIKAN ORANG TUA. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 2 (3). ISSN p-ISSN: 2656-9914 e-ISSN: 2656-8772

[img] Text
9.Artikel PENGARUH BAHAN AJAR KETERAMPILAN.pdf

Download (254kB)

Abstract

Keterampilan berbicara dan latar pendidikan orang tua diduga kuat berpengaruh pada kesantunan berbahasa dalam komunikasi sehari-hari. Keterampilan berbicara dan latar pendidikan orang tua dalam penelitian dimaksudkan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap peningkatan kesantunan berbahasa mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan metode praeksperimental. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa test yakni pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model bahan ajar keterampilan berbicara dapat meningkatkan kesantunan berbahasa. Hasil penelitian kedua menunjukkan bahwa latar pendidikan orang tua dapat berpengaruh terhadap peningkatan kesantunan berbahasa mahasiswa. Walaupun jika dibandingkan peningkatan hasil tes antara kelompok mahasiswa dengan latar pendidikan orang tua lulusan S1 lebih tinggi daripada kelompok mahasiswa dengan latar pendidikan orang tua lulusan SMA pengaruhnya tidak signifikan. Kata kunci: bahan ajar, keterampilan berbicara, kesantunan berbahasa, pendidikan orang tua

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Farid Sehuddin
Date Deposited: 09 May 2023 11:21
Last Modified: 22 Jun 2023 08:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28691

Actions (login required)

View Item View Item