Fitri, Sakinah and Saleh, Muhammad and Jahrir, Andi Sahtiani (2020) PENGARUH BAHAN AJAR KETERAMPILAN BERBICARA TERHADAP KESANTUNAN BERBAHASA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR BERDASARKAN PERSPEKTIF LATAR PENDIDIKAN ORANG TUA. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 2 (3). ISSN p-ISSN: 2656-9914 e-ISSN: 2656-8772
Text
9.Artikel PENGARUH BAHAN AJAR KETERAMPILAN.pdf Download (254kB) |
Abstract
Keterampilan berbicara dan latar pendidikan orang tua diduga kuat berpengaruh pada kesantunan berbahasa dalam komunikasi sehari-hari. Keterampilan berbicara dan latar pendidikan orang tua dalam penelitian dimaksudkan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap peningkatan kesantunan berbahasa mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan metode praeksperimental. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa test yakni pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model bahan ajar keterampilan berbicara dapat meningkatkan kesantunan berbahasa. Hasil penelitian kedua menunjukkan bahwa latar pendidikan orang tua dapat berpengaruh terhadap peningkatan kesantunan berbahasa mahasiswa. Walaupun jika dibandingkan peningkatan hasil tes antara kelompok mahasiswa dengan latar pendidikan orang tua lulusan S1 lebih tinggi daripada kelompok mahasiswa dengan latar pendidikan orang tua lulusan SMA pengaruhnya tidak signifikan. Kata kunci: bahan ajar, keterampilan berbicara, kesantunan berbahasa, pendidikan orang tua
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
Divisions: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
Depositing User: | Farid Sehuddin |
Date Deposited: | 09 May 2023 11:21 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 08:24 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28691 |
Actions (login required)
View Item |