Imbauan Publik dalam Wacana Persuasi di Kota Makassar

Amir, Johar and Saleh, Muhammad and ILHAM, MUHAMMAD and Dalle, Ambo (2022) Imbauan Publik dalam Wacana Persuasi di Kota Makassar. Jurnal Sinestesia, 12 (2). ISSN ISSN 2721-9283

[img] Text
4.Artikel Imbauan Publik dalam Wacana Persuasi di Kota.pdf

Download (446kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) wujud wacana persuasi dalam imbauan publik di Kota Makassar; (2) fungsi wacana persuasi dalam imbauan publik di Kota Makassar; dan (3) efek wacana persuasi dalam imbauan publik di Kota Makassar. Data penelitian ini berupa data tulisan, yaitu kalimat-kalimat yang digunakan dalam imbauan publik di Kota Makassar. Data tersebut diperoleh dari wacana tulis yang memuat imbauan publik di Kota Makassar selama tahun 2020. Data tersebut dikumpulkan melalui teknik dokumentasi, meliputi teknik baca dan teknik catat. Instrumen penelitian ini yakni kartu data dan kamera. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang mencakup empat langkah kegiatan yakni (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penyimpulan/verifikasi. Temuan penelitian ini berupa wujud, fungsi, dan efek wacana persuasi dalam imbauan publik di Kota Makassar. Wujud wacana persuasi yang ditemukan dalam penelitian ini, yakni kalimat imperatif dan kalimat deklaratif. Kalimat imperatif yang ditemukan berupa (1) kalimat imperatif biasa, (2) kalimat imperatif permintaan, (3) kalimat imperatif ajakan, (4) kalimat imperatif suruhan, dan (5) kalimat imperatif larangan. Kalimat dekelaratif yang ditemukan, yakni (1) kalimat deklaratif aktif, dan (2) kalimat deklaratif pasif. Fungsi wacana persuasi yang ditemukan dalam penelitian, yakni (1) fungsi permintaan, (2) fungsi larangan, (3) fungsi perintah, (4) fungsi peringatan, dan (5) fungsi anjuran. Efek wacana persuasi yang ditemukan dalam penelitian ini, yakni efek positif dan efek negatif. Kata Kunci: imbauan publik, wacana persuasi, fungsi wacana persuasi, efek wacana persuasi

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Farid Sehuddin
Date Deposited: 09 May 2023 10:52
Last Modified: 22 Jun 2023 08:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28684

Actions (login required)

View Item View Item