Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik melalui Kegiatan Literasi

Hasan, Muhammad and Maulidyanti, Hikmah and Tahir, Muhammad Ilyas Thamrin and Arisah, Nur (2022) Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik melalui Kegiatan Literasi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8 (2). pp. 477-486. ISSN 10.32884/ideas.v8i2.698

[img] Text
Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik melalui Kegiatan Literasi.pdf

Download (734kB)
[img] Text
Peer Review_B.4.20 Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik melalui Kegiatan Literasi.pdf

Download (211kB)
Official URL: https://www.jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php...

Abstract

Keterampilan literasi sangat penting untuk pencapaian akademik dalam kehidupan seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran literasi dalam mendukung keterampilan berpikir kritis peserta didik SMPN 14 Tanralili, menggunakan model PISA untuk menyelesaikan dua butir soal matematika. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, kemudian dijabarkan dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui dokumentasi, tes dan wawancara. Informan penelitian ini adalah siswa SMPN 14 Tanralili di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kegiatan literasi sangat membantu dalam memperkuat kemampuan berpikir kritis siswa, terbukti dengan perbandingan jawaban siswa yang benar dan salah. Siswa yang melakukan literasi sebelum menjawab pertanyaan mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang lebih dari sekadar mengenali jawaban. Mereka akan berusaha untuk menemukan solusi alternatif berdasarkan analisis dan informasi yang dikumpulkan dari suatu situasi.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi

KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Muhammad Hasan
Date Deposited: 11 May 2023 04:21
Last Modified: 11 May 2023 04:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28612

Actions (login required)

View Item View Item