PENGARUH LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indnesia)

Kurniawan, Agung Widhi and Ramelan, Ilham Alfian Ramadhan and Hasdiansa, Ilma Wulansari (2023) PENGARUH LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indnesia). Jurnal Manajemen UNM, 2 (2). pp. 81-87. ISSN 2723-8059

[img] Text (Article)
32. Jurnal Manaj UNM.pdf - Published Version

Download (606kB)
[img] Text (Peer Review)
21pengaruh likuiditas dan profitabilitas.pdf - Other

Download (1MB)
[img] Text (Turnitin)
21pengaruh likuiditas dan profitabilitas.pdf - Other

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/manajemen/article/view/36707

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap kebijakan hutang pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini merupakah penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan laporan keuangan Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011- 2019, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah laporan posisi keuangan konsolidasian dan laporan laba rugi dan penghasilan komprehensif lain konsolidasian pada tahun 2011- 2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial likuiditas (current ratio) dan profitabilitas (return on asset) berpengaruh signifikan dan negatif terhadap kebijakan hutang. Secara simultan, likuiditas dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap kebijakan hutang. Apabila asset mengalami peningkatan, maka akan terjadi perubahan kebijakan hutang, sehingga akan mempengaruhi penggunaan hutang terhadap pembiayaan aset perusahaan.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Manajemen
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Dr. M. Ikhwan Maulana Haeruddin
Date Deposited: 09 May 2023 09:10
Last Modified: 09 May 2023 09:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28602

Actions (login required)

View Item View Item