Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Materi Pokok Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas XII IPS 2 SMAN 9 Makassar.

Sri, Nurmayani (2013) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Materi Pokok Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas XII IPS 2 SMAN 9 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Mkassar.

[img] Text
Sri Nurmayani.docx

Download (12kB)

ABSTRAK Sri Nurmayani, 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Materi Pokok Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas XII IPS 2 SMAN 9 Makassar. Skripsi, Jurusan Pendidkan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar, dibimbing oleh Muh.Saleh Madjid dan Patahuddin.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatatan hasil belajar Sejarah pada Siswa Kelas XII IPS 2 SMAN 9 Makassar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray pada materi pokok Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang didesain dalam dua siklus yaitu siklus pertama dan siklus kedua, dengan alur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Data yang digunakan dalam penelitian diperoleh melalui observasi dan tes hasil belajar. Untuk analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama aktivitas belajar siswa masih kurang aktif dan hasil tes belajar yang diperoleh secara klasikal yaitu 54,17%, sehingga belum menunjukkan ketercapaiyan standar minimal keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian yaitu minimal 70%. Sehingga hal ini melatar belakangi peneliti untuk melanjutkan ke siklus kedua. Pada siklus kedua aktivitas belajar siswa dan hasil tes belajar telah menunjukkan adanya peningkatan dimana nilai yang diperoleh siswa secaa klasikal 79,17%, hal ini telah memenuhi standar keberhasilan yang ditetapkan sehingga peneliti mengakhiri pada silus kedua. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah materi pokok Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada Siswa Kelas XII IPS 2 SMAN 9 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Geografi
Divisions: ?? sch_geo ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 01:48
Last Modified: 26 Apr 2016 01:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/286

Actions (login required)

View Item View Item