ANALISIS PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TAKALAR

Syamsiar, Syamsiar (2016) ANALISIS PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TAKALAR. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
artikel syamsiar.docx

Download (32kB)

Abstract

Anaysis of the influence of the implementation of Cooperative Model of Make a Match Type Using Scientific Approach on Process and Learning Outcomes in Mathematics of Class VIII Students at SMPN 2 Takalar Universitas Negeri Makassar syamsiaribrahim552@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Kooperatif Tipe Make a Match dengan Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Takalar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design, yaitu One-Group Pretest Posttest Design. Penelitian melibatkan satu kelas eksperimen, yakni kelas VIII5 yang terdiri dari 30 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi, dan lembar angket. Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Takalar pada pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan pendekatan saintifik: a) rata-rata nilai hasil belajar yang dicapai siswa lebih dari 74,9 (KKM) yaitu 83,89, b) peningkatan hasil belajar matematika (nilai gain) siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Takalar signifikan dan berada pada kategori tinggi yaitu 0,74, c) Proporsi ketuntasan klasikal lebih kecil dari 84,9 %, 2) rata-rata aktivitas siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan pendekatan saintifik berada pada kategori baik (berpengaruh positif) yaitu 3,26, dan 3) rata-rata respons siswa pada pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan pendekatan saintifik berada pada kategori positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, secara umum model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan pendekatan saintifik berpengaruh positif dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Takalar. Kata Kunci: pengaruh model kooperatif tipe make a match dengan pendekatan saintifif pada pembelajaran matematika. abstract The study at examining the influence of cooperative model of Make a Match type using scientific approach in Mathematics of class VIII students at SMPN 2 Takalar.The study is experiment research. The research design used pre-experimental design, namely one-group pretest-posttest design. The study involved one experiment class, class VIII5 which consisted of 33 students chosen by employing cluster random sampling technique. Data were collected by employing learning1 result test, observation sheet, and questionnaire sheet. Data were analyzed using statistics descriptive analysis and statistics inferential a analysis. The result of the study reveal that 1) the learning outcomes in mathematics of class VIII students at SMPN 2 Takalar on cooperative learning of Make a Match type using scientific approach: a) the mean score of learning outcomes achieve by the students is more than 74,9 (KKM 83,89), b) the improvement of learning outcomes in Mathematics (gain score) of class VIII students at SMPN 2 Takalar is significant and in high category, 0,74, c) the proportion classical completeness is smaller than 84 %; 2) the average of students’ activity on cooperative learning of Make a Match type using scientific response on cooperative learning of Make a Match type using scientific approach is in positive category. Keyword: the influence of cooperative model of Make a Match type using scientific approach on Mathematics learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Sep 2017 05:57
Last Modified: 12 Sep 2017 05:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2859

Actions (login required)

View Item View Item