PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS BLOG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MURID SD ISLAM TERPADU MUTIARA MAKASSAR

Sari Dewi, Fifiyanti (2016) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS BLOG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MURID SD ISLAM TERPADU MUTIARA MAKASSAR. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
fifiyanti.docx

Download (36kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) untuk mengetahui gambaran kebutuhan pengembangan model pembelajaran IPA berbasis blog untuk meningkatkan motivasi belajar murid kelas V. (2) untuk mengetahui gambaran desain pengembangan model pembelajaran IPA berbasis blog untuk meningkatkan motivasi belajar murid kelas V. (3) untuk mengetahui gambaran model pembelajaran IPA yang valid dan praktis berbasis blog untuk meningkatkan motivasi belajar murid kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Develompent (R&D). Penelitian ini dilaksanakan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SDIT Mutiara Makassar yang berjumlah 32 murid. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah lembar penilaian validator untuk blog yang dikembangkan, lembar angket motivasi belajar murid menggunakan blog. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah RPP dan blog. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif untuk mengetahui motivasi belajar murid menggunakan blog, sedangkan analisis kualitatif untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan meliputi penilaian pada aspek materi, media, aspek bahasa, dan desain pembelajaran oleh validator, serta motivasi belajar murid setelah produk di uji cobakan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa untuk aspek desain pembelajaran berdasarkan penilaian validator masing-masing mendapatkan skor 4,057 dan 3,77 yang berada pada skala penilaian 4 sehingga temasuk dalam kategori Valid, sedangkan untuk motivasi belajar murid menggunakan blog meningkat sebesar 19,2% yaitu dari 37,5% menjadi 56,7%. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka model pembelajaran IPA berbasis blog untuk meningkatkan motivasi belajar murid SD Islam Terpadu Mutiara Makassar layak untuk digunakan. Kata kunci: pembelajaran IPA, blog, motivasi belajar ABSTRACT The purpose of this study was to: (1) to describe the needs of the development of science-based learning model blog to increase motivation to learn grader V. (2) to describe the design of the development of science-based learning model blog to increase motivation to learn grader V. (3 ) to describe a valid model of science learning and practical based blogs to enhance learning motivation of students in grade V. This type of research is research Research and Develompent (R & D). This research was conducted by the research subjects are students of class V SDIT Pearl Makassar totaling 32 students. The instruments used to obtain data is the assessment sheet validator for blogs developed, the students' learning motivation questionnaire sheet using a blog. Learning device used was RPP and blogs. Data were analyzed quantitatively and qualitatively. Quantitative data analysis to find the motivation to learn students use blogs, while qualitative analysis to determine the feasibility of the products developed included on the aspects of material, media, language aspects, and instructional design by the validator, as well as students' learning motivation after products tested. The results of data analysis showed that for the design aspects of learning based on ratings validator each get a score of 4.057 and 3.77 which are on a scale of 4 ratings so including the category Valid, while for the students' learning motivation using a blog increased by 19.2% from 37 , 5% to 56.7%. Based on data analysis that has been done, then the model-based learning science blog to improve student learning motivation SD Isam Pearl Makassar unfit for use. Keywords: learning science, blog, motivation to learn

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Sep 2017 05:52
Last Modified: 12 Sep 2017 05:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2857

Actions (login required)

View Item View Item