Manajemen Hubungan Masyarakat di SMA Negeri 1 Polewali.

ABDURRAHMAN, ABDURRAHMAN (2014) Manajemen Hubungan Masyarakat di SMA Negeri 1 Polewali. Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
ABDURRAHMAN, 2014..docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK ABDURRAHMAN, 2014. Manajemen Hubungan Masyarakat di SMA Negeri 1 Polewali. (Dibimbing oleh Dr. Jumadi Tangko, M.Pd. dan Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si.) Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana perencanaan Humas di SMAN 1 Polewali; (2) Bagaimana pengorganisasian Humas di SMAN 1 Polewali; (3) Bagaimana aktualisasi Humas di SMAN 1 Polewali; (4) Bagaimana pengawasan Humas di SMAN 1 Polewali. Sementara itu penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui perencanaan bidang hubungan masyarakat di SMAN 1 Polewali; (2) Untuk mengetahui bagaimana SMAN 1 Polewali mengorganisasikan kehumasannya; (3) Untuk mengetahui bagaimana SMAN 1 Polewali mengaktualisasikan (merealisasikan) program kehumasannya; (4) Untuk mengetahui proses pengawasan yang diterapkan SMAN 1 Polewali terhadap realisasi program kehumasannya. Teknik pengumpulan yang digunakan meliputi: (1) observasi partisipasi pasif; (2) wawancara mendalam; (3) studi dokumentasi. Data yang diperoleh dari ketiga teknik tersebut kemudian dianalisis dengan teknik triangulasi guna menyusun dan mengabstraksikan temuan lapangan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi. Hasil penelitian ini bahwa perencanaan manajemen humas SMA Negeri 1 Polewali membuat program berdasarkan petunjuk atau acuan renstra dari dinas pendidikan, yang dilakukan melalui rapat dengan semua elemen sekolah. Pelaksanaan manajemen humas di SMA Negeri 1 Polewali dilakukan mulai dari mengirimkan siswa ke event-event kependidikan untuk melaksanakan lomba antar sekolah bekerjasama dengan lembaga pendidikan lainnya, serta dengan masyarakat sekitar. Evaluasi dan pengawasan manajemen humas di SMA Negeri 1 Polewali dilakukan oleh kepala sekolah dan waka humas secara langsung dan periodik tergantung dari jenis program kegiatan yang dilaksanakan. Proses pengawasan yang digunakan sekolah mempunyai kriteria mengacu pada lembaga pendidikan lainnya juga mempunyai kriteria tersendiri dalam evaluasi tetapi alat instrumennya yang menentukan pihak sekolah. Evaluasi program setiap kegiatan bertujuan untuk mencari pemecahan apabila terdapat masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Geografi
PASCASARJANA > Geografi
PASCASARJANA > Geografi
Divisions: ?? sch_man ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 01:48
Last Modified: 26 Apr 2016 01:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/284

Actions (login required)

View Item View Item