Studi Penerapan Manajemen Kesiswaan Berbasis Teknologi Informasi di SMPN 6 Labakkang Labschool UNM

Fitriani, Fitriani (2015) Studi Penerapan Manajemen Kesiswaan Berbasis Teknologi Informasi di SMPN 6 Labakkang Labschool UNM. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_A. FITRIANI_1143040061 FINAL.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang penerapan manajemen kesiswaan berbasis teknologi informasi pada sekolah SMPN 6 Labakkang Labschool UNM Kabupaten Pangkep. Fokus penelitian ini antara lain (1) pola penerapan manajemen kesiswaan yang ditinjau dari aspek perencanaan kesiswaan, penerimaan siswa, dan pembinaan siswa. (2) pemanfaatan teknologi dalam pola manajemen kesiswaan tersebut. (3) faktor penunjang dan penghambat penerapan pola manajemen kesiswaan berbasis teknologi informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu klasifikasi data, reduksi data, display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh yaitu (1) penerepan manajemen kesiswaan sudah dipahami dan diaplikasikan oleh pihak sekolah dengan baik. (2) dilihat dari Kontribusi teknologi informasi dalam manajemen kesiswaan mempermudah pihak sekolah dan stakeholdernya dalam mengakses data siswa, (3) adapun faktor penunjang teknologi informasi dalam manajemen kesiswaan di SMPN 6 Labakkang Labschool UNM yaitu adanya sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dalam memanfaatkan IT sedangkan Faktor penghambat penerapan manajemen kesiswaan berbasis teknologi informasi terutama terletak pada jaringan yang masih menggunakan LAN.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Sep 2017 00:51
Last Modified: 08 Sep 2017 00:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2839

Actions (login required)

View Item View Item