TINGKAT PERBEDAAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (SENI TARI) DI SMAN 1 LANGGUDU KABUPATEN BIMA

KARTINI, KARTINI (2022) TINGKAT PERBEDAAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (SENI TARI) DI SMAN 1 LANGGUDU KABUPATEN BIMA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL_Kartini_1882042004.1 - Kartini Lia.pdf

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian survey (kuantitatif) yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya tingkat perbedaan minat dan prestasi belajar siswa lakilaki dan perempuan pada mata pelajaran (seni budaya) seni tari di SMAN 1 Langgudu. Tujuan Penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan tingkat perbedaan minat dan prestasi belajar siswa laki-laki dan perempuan pada mata pelajaran (seni budaya) seni tari di SMAN 1 Langgudu Kabupaten Bima, 2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan minat dan prestasi siswa pada mata pelajaran (seni budaya) seni tari di SMAN 1 Langgudu Kabupaten Bima. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Langgudu Kabupaten Bima sebanyak 5 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini berkisar 30% yaitu sekitar 30-45 siswa. Data hasil penelitian ini diperoleh dari hasil kuinsioner minat belajar siswa terhadap pembelajaran seni tari, nilai UAS (Ganjil) dan wawancara terhadap guru dan siswa mengenai minat dan prestasi belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji analisis Independent Sampel T-Test dengan Aplikasi Microsoft Exel 2013. Berdasarkan hasil analisis dari uji Independent Sampel T-Test minat, diperoleh (Thitung > Ttabel, yaitu 3.202 > 2.030) dan uji Independent Sampel T-Test prestasi, diperoleh (Thitung > Ttabel, yaitu 3.033 > 2.034). Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi minat dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran (seni budaya) seni tari di SMAN 1 Langgudu Kabupaten Bima diantaranya yaitu: 1) Faktor dari individu (diri sendiri), 2) Tidak menyukai pembelajaran seni tari, 3) Lebih menyukai pembelajaran seni budaya yang lain, 4) Tidak paham dan tidak mengerti pembelajaran tersebut, 5) Guru mata pelajaran tersebut tidak terlalu paham akan pembelajaran seni tari tetapi pembelajaran seni budaya lain ia kuasai, 6) Sebagian besar peserta didik laki-laki tidak menyukai pembelajaran tersebut an hanya sebagian kecil yang menyukainya, 7) Pembelajaran seni tari tidak cocok untuk laki-laki dan hanya cocok untuk perempuan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat tingkat perbedaan siswa laki-laki dan perempuan pada mata pelajaran (seni budaya) seni tari dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat dan prestasi belajar siswa di SMAN 1 Langgudu Kabupaten Bima. Kata kunci: Minat, Hasil Belajar, Seni Tari, Tingkat Perbedaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 11 May 2023 04:09
Last Modified: 11 May 2023 04:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28382

Actions (login required)

View Item View Item