PEMBUATAN ALAT MUSIK TRADISIONAL CALONG MANDAR DI DESA KARAMA KECAMATPEMBUATAN ALAT MUSIK TRADISIONAL CALONG PEMBUATAN ALAT MUSIK TRADISIONAL CALONG MANDAR DI DESA KARAMA KECAMATAN TINAMBUNG KABUPATEN POLEWALI MANDAR

HIDAYAT, RAHMAT (2023) PEMBUATAN ALAT MUSIK TRADISIONAL CALONG MANDAR DI DESA KARAMA KECAMATPEMBUATAN ALAT MUSIK TRADISIONAL CALONG PEMBUATAN ALAT MUSIK TRADISIONAL CALONG MANDAR DI DESA KARAMA KECAMATAN TINAMBUNG KABUPATEN POLEWALI MANDAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pembuatan meliputi, (a) bahan dasar instrumen dengan menggunakan buah kelapa dan bambu, (b) alat yang digunakan gergaji, parang, tang, bor, pencungkil, lem, meter. dan kawat (c) bentuk dan ukuran (d) pengeringan minimal 3 bulan lamanya (e) pengukuran nada panjang sama dengan rendah dan pendek sama dengan tinggi. 2) produksi bunyi, instrumen ini tergolong alat musik Idiofhone, karena sumber bunyi instrumen yang ditimbulkan yakni getaran tabuh yang bernada. Adapun jangkauan nada yang dimiliki oleh alat musik tradisional calong Balanipa Mandar tidak lebih dari satu Octav, karena instrumen ini hanya mampu menjangkau empat nada yaitu Ais= do, C= Re, D= Mi, dan A= (Si rendah) (Dan jika dihubungkan pada nada dasar natural maka nada pada calong mendaptkan C= Do, D= Re, E= Mi, dan B= Si (Si rendah).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 11 May 2023 04:09
Last Modified: 11 May 2023 04:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28369

Actions (login required)

View Item View Item