Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Metode Walking Gallery untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Calon Guru

Syamsidah, Syamsidah and Ratnawati T, Ratnawati T (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Metode Walking Gallery untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Calon Guru. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Metode Walking Gallery untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Calon Guru. pp. 12-18.

[img] Text (Prosiding Nasional)
J. semnas Galery 201911234-26579-1-SM.pdf - Published Version

Download (537kB)
[img] Text (Turnitin Prosiding Nasional)
J. Turnitin-walking galery.pdf - Supplemental Material

Download (597kB)
[img] Text (Peer Review Prosiding Nasional)
Peer Review Prosiding Nasional-Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Metode Walking Gallery.pdf - Supplemental Material

Download (965kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/11...

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and development) betujuan mengetahui bagaimana tahapan pengembangan perangkat pembelajaran metode Walking Gallery dan bagaimana model pembelajaran ini dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa yang valid, efektif dan praktis. Prosedur Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan model 4 D dari model Thiagarajan, Semmel dan Semmel melalui empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development) dan tahap penyebaran (disseminate). subjek peneltian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga yang mengikuti perkuliahan sosiologi keluarga semester ganjil tahun akademik 2017/2018 prodi S1. Subyek uji coba penelitian sebanyak 25 orang mahasiswa. Data penelitian ini akan diolah dan dianalisis secara deskriptif meliputi data hasil validasi/review, pengelolaan pembelajaran, aktivitas mahasiswa, analisis data hasil tes penguasaan konsep sosiologi keluarga, keterlaksanaan RPP dan angket respon mahasiswa dan dosen terhadap perangkat pembelajaran. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran Walking Gallery (WK) efektif meningkatkan kompetensi mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari dua aspek yaitu keterlaksaan pembelajaran yang diamati oleh tiga orang observer dan hasil penilaian angket kreativitas mahasiswa. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran terlihat bahwa keterlaksanaan proses pembelajaran dengan Walking Gallery dari sisi pengguna (dosen) menunjukkan bahwa terlaksana 90,91% terlaksana dengan sangat baik sedangkan dari sisi mahasiswa yakni 86,11% juga terlaksana dengan baik. Sementara itu hasil angket kreativitas mahasiswa berkenan dengan keefektifan perangkat dengan metode Walking Gallery, diperoleh kesimpulan bahwa kompetensi mahasiswa secara keseluruhan yang berkategori baik sebanyak 88,53% (tinggi). Selanjutnya diperoleh produk perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dengan kategori valid, efektif dan praktis serta diapresiasi baik oleh pengampu mata kuliah sosiologi keluarga. Produk perangkat pembelajaran berupa RPP-WK, dan buku ajar untuk mahasiswa jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Kata Kunci : Perangkat pembelajaran, Metode Walking Gallery, Kompetensi

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Syam sidah ida
Date Deposited: 11 May 2023 04:06
Last Modified: 11 May 2023 04:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28344

Actions (login required)

View Item View Item