Hubungan Konsep Diri Dengan Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Kesetimbagan Kimia

Jusniar, Jusniar and Syamsidah, Syamsidah (2021) Hubungan Konsep Diri Dengan Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Kesetimbagan Kimia. Hubungan Konsep Diri Dengan Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Kesetimbagan Kimia, 5 (1). pp. 96-102. ISSN 2597-8985

[img] Text (Jurnal Nasional Sinta 5)
21. Jurnal Hubungan Konsep Diri Dengan Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Kesetimbagan Kimia.pdf - Published Version

Download (420kB)
[img] Text (Peer Review Jurnal Nasional Sinta 5)
21.Peer Review Jurnal Nasional-Hubungan Konsep DIri dengan Miskonsepsi Siswa pada Konsep Kesetimbangan.pdf - Supplemental Material

Download (995kB)
[img] Text (Turnitin Jurnal Nasional Sinta 5)
21. Turnitin -Hubungan Konsepsi.pdf - Supplemental Material

Download (475kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/ipaterpadu/article/view/2549...

Abstract

Penelitian survey ini bertujuan mendeskripsikan hubungan antara konsep diri siswa dengan miskonsepsinya pada konsep Kesetimbangan Kimia (KK). Subjek penelitian sebanyak 235 siswa dari tiga SMA di kabupaten Gowa (80 siswa SMAN 1 Gowa; 83 Siswa SMAN 2 Gowa; dan 72 siswa SMAN 3). Penelitian ini dilakukan pada semester Ganjil 2018/2019. Instrumen Tree-tier Diagnostik pada konsep KK sebanyak 30 item dan angket konsep diri siswa pada konsep KK 20 item. Hasil penelitian menunjukkan konsep diri berkorelasi negatif dengan jumlah miskonsepsi siswa pada konsep KK (masing-masing -0,384, -0,254, dan -0,327). Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik konsep diri siswa pada konsep-konsep Kesetimbangan Kimia, maka akan semakin kecil jumlah miskonsepsi yang dialaminya. Kata Kunci: Konsep diri, miskonsepsi, Kesetimbangan Kimia

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Syam sidah ida
Date Deposited: 11 May 2023 04:07
Last Modified: 11 May 2023 04:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28316

Actions (login required)

View Item View Item