Analisis Keterampilan Kerja Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Pada Industri Fesyen

Aisyah Fitri R, Aisyah Fitri R and Anas Arfandi, Anas Arfandi and Syamsidah, Syamsidah (2021) Analisis Keterampilan Kerja Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Pada Industri Fesyen. Analisis Keterampilan Kerja Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Pada Industri Fesyen, 5 (3). pp. 31-45. ISSN 2580-0434

[img] Text (Jurnal Nasional)
17.Jurnal Analisis Keterampilan Kerja Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Pada Industri Fesyen.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Peer Review Jurnal Nasional)
17.Peer Review Jurnal Nasional-Analisis Keterampilan Kerja Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan K.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/UJTV/article/view/33389/pdf

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kualitas keterampilan kerja mahasiswa jurusan PKK FT UNM dan untuk mengetahui pengaruh keterampilan berkomunikasi, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan berpikir kritis, keterampilan akademik terapan, dan keterampilan penggunaan teknologi terhadap kesiapan kerja secara parsial dan simultan. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Data diperoleh dari nilai mata kuliah Praktek Industri, penyebaran angket menggunakan skala guttman melalui google form, dilengkapi wawancara tidak terstruktur. Populasi penelitian ini mahasiswa S1 angkatan 2016 jurusan PKK FT UNM program studi Tata Busana yang telah melaksanakan praktek industri pada tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 50 orang dengan sampel sebanyak 49 orang. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, analisis sumbangan efektif dan analisis sumbangan relatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas keterampilan kerja mahasiswa tergolong sangat baik berdasarkan nilai praktek industri, nilai laporan praktek industri, dan nilai seminar praktek industri. Nilai R2 pada analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa keterampilan berkomunikasi paling berpengaruh positif yaitu 19%, keterampilan berpikir kreatif berpengaruh positif sebesar 17,1%, keterampilan akademik terapan berpengaruh positif sebesar 14,5%, keterampilan penggunaan teknologi berpengaruh positif sebesar 10,9%, dan keterampilan berpikir kritis dengan pengaruh positif terendah yaitu 10,6%. Kelima variabel tersebut berpengaruh positif secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja di industri fesyen sebesar 44,6%. Kata kunci: Keterampilan Kerja, Kesiapan Kerja, Industri Fesyen

Item Type: Article
Subjects: PASCASARJANA
Depositing User: Syam sidah ida
Date Deposited: 11 May 2023 04:07
Last Modified: 11 May 2023 04:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28311

Actions (login required)

View Item View Item