MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN DALAM PEMBELAJARAN METEMATIKA MELALUI MEDIA DEKAK-DEKAK PADA ANAK TUNADAKSA KELAS IV SD - LB SANTO YOSEP RAJAWALI MAKASSAR

LIRONG, MARIANA YONISTA (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN DALAM PEMBELAJARAN METEMATIKA MELALUI MEDIA DEKAK-DEKAK PADA ANAK TUNADAKSA KELAS IV SD - LB SANTO YOSEP RAJAWALI MAKASSAR. jurnal.

[img] Text
jurnal Mariana Yonista Lirong.pdf

Download (135kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan siswa dalam melakukan operasi dasar hitung perkalian pada siswa Tunadaksa Kelas IV di SLB Santo Yoseph Rajawali. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah kemampuan operasi perkalian pada murid Tunadaksa kelas IV di SLB Santo Yosep Rajawali berdasarkan analisi dalam kondisi, (2) Bagaimanakah operasi perkalian pada murid Tunadaksa kelas IV di SLB Santo Yoseph Rajawali berdasarkan hasil analisis antar kondisi. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1 ) Kemampuan operasi hitung perkalian pada murid Tunadaksa berdasarkan hasil analisis pada kondisi baseline 1(A1), (2) Kemampuan operasi hitung perkalian pada murid Tunadaksa berdasarkan hasil analisis pada kondisi intervensi (B), (3) Kemampuan operasi hitung perkalian pada murid Tunadaksa berdasarkan hasil analisis pada kondisi baseline2(A2), (4) Kemampuan operasi hitung perkalian melalui media dekak-dekak berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari baseline 1 (A1), ke intervensi (B) ke baseline 2 (A2) pada murid Tunadaksa kelas IV di SLB Santo Yosep Rajawali.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang murid Tunadaksa kelas IV berinisial GPS. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu Single Subject Research (SSR) dengan disain A-B-A. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) kemampuan operasi perkalian subjek GPS sebelum diberikan perlakuan sangat rendah berdasarkan pada kondisi baseline 1 (A1), (2) kemampuan operasi perkalian subjek GPS selama diberikan perlakuan meningkat ke kategori sangat tinggi dilihat dari analisis dalam kondisi Intervensi (B), (3) kemampuan operasi perkalian subjek GPS setelah diberikan perlakuan menurun ke kategori tinggi dilihat dari kondisi baseline 2 (A2), (4) peningkatan kemampuan operasi perkalian subjek GPS berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu pada kondisi sebelum diberikan perlakuan kemampuan murid sangat rendah, meningkat ke kategori sangat tinggi selama diberikan perlakuan, dan dari kategori sangat tinggi pada kondisi selama diberikan perlakuan menurun ke kategori tinggi setelah diberikan perlakuan, akan tetapi nilai yang diperoleh subjek GPS lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan perlakuan.Dengan demikian kemampuan operasi perkalian murid setelah diberikan perlakuan tetap dikatakan meningkat, hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari pemberian intervensi. Kata kunci: Dekak-dekak, Perkalian, Tunadaksa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 03 May 2023 03:19
Last Modified: 03 May 2023 03:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28263

Actions (login required)

View Item View Item