PENGARUH METODE PECS TERHADAP KOMUNIKASI NONVERBAL PESERTA DIDIK AUTIS DI SLBN PEMBINA PROVINSI SULAWESI SELATAN

Rosalina, Diana (2016) PENGARUH METODE PECS TERHADAP KOMUNIKASI NONVERBAL PESERTA DIDIK AUTIS DI SLBN PEMBINA PROVINSI SULAWESI SELATAN. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.doc

Download (380kB)

Abstrak: Tujuan dari penetian ini untuk mengetahui gambaran kemampuan komunikasi nonverbal mengenal objek di dalam kelas sebelum dan sesudah penerapan metode PECS, juga untuk mengetahui pengaruh metode PECS terhadap kemampuan mengenal objek di dalam kelas peserta didik Autis. Penelitian dilaksanakan dengan metode eksperimen subjek tunggal (Single Subject Research) menggunakan desain A-B-A. Subjek yang diteliti adalah satu siswa autis yang mengalami kesulitan komunikasi verbal dan nonverbal, siswa belum mampu mengenal objek-objek di sekitar, belum mampu mengikuti perintah mengambil atau menunjukkan suatu objek, atau sebaliknya, akibatnya muncul perilaku sering frustasi bahkan marah bila menginginkan sesuatu yang tidak dipahami guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada fase baseline (A1) kemampuan mengenal objek di dalam kelas siswa autis hanya 20% atau rata-rata hanya mampu mengenal tiga objek, pada fase intervensi (B) mengalami peningkatan, siswa mampu mencapai angka 74,5%. Sedangkan pada fase baseline (A2) kemampuan mengenal objek di dalam kelas menunjukkan nilai 65,4% atau rata-rata mampu mengenal sepuluh objek di dalam kelas. Dari hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan mengenal objek sebesar 45,4% setelah penerapan metode PECS. Kata Kunci: Autis, Komunikasi, PECS.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Sep 2017 08:09
Last Modified: 06 Sep 2017 08:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2825

Actions (login required)

View Item View Item