Passion Barista dan Strategi Mengelola Emosi

Pratiwi, Anugrah and Asri, Asmulyani and Bakar, Resekiani Mas (2021) Passion Barista dan Strategi Mengelola Emosi. Jurnal Psikologi Talenta Mahsiswa, 1 (1). pp. 86-96. ISSN 2807-789X

[img] Text
Passion Barista dan Strategi Mengelola Emosi.pdf

Download (264kB)
[img] Text
Peer Review Artikel Nasional.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ketidakmampuan barista dalam mengelola emosi ketika berinteraksi dengan konsumen akan memberikan gambaran yang buruk mengenai kualitas pelayanan di coffee shop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan passion dengan emotional labor pada profesi barista di Kota Makassar. Partisipan penelitian berjumlah 63 orang yang bekerja sebagai barista pada coffee shop. Pengumpulan data penelitian menggunakan skala emotional labor dan skala passion. Hasil uji hipotesis yang menggunakan Cramer’s V. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara passion dengan emotional labor barista di Kota Makassar. Penelitian ini menunjukkan bahwa barista yang memiliki harmonious passion maupun obsessive passion dapat melakukan kedua strategi manajemen emosi, yaitu surface acting dan deep acting. Kata kunci: Deep Acting, Harmonious Passion, Obsessive Passion, Strategi Emotional Labor, Surface Acting.

Item Type: Article
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: Resekiani Mas Bakar
Date Deposited: 09 May 2023 12:11
Last Modified: 09 May 2023 12:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28242

Actions (login required)

View Item View Item