PengembanganPerangkatPembelajaranMatematika Dengan Kombinasi Pendekatan Realistik dan SaintifikpadaSiswaKelas VSDIT Albiruni Makassar

Sirajuddin, Sirajuddin (2016) PengembanganPerangkatPembelajaranMatematika Dengan Kombinasi Pendekatan Realistik dan SaintifikpadaSiswaKelas VSDIT Albiruni Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK , 2016. .(DibimbingolehHamzah UpudanM. Darwis). Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan (developmentalresearch).Untukmengembangkanperangkatpembelajaranyang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Buku teks pelajaran, dan Tes Hasil Belajar (THB). Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D dari Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) tahap pendefinisian, (2) tahap perancangan, (3) tahap pengembangan, (4) tahap penyebaran. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh dua orang ahli dengan nilai rata-rata keseluruhan dari tiap aspek perangkat pembelajaran trapesium dan layang-layang dengan kombinasi pendekatan realistik dan saintifik yang dihasilkan (buku teks pelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa dan tes hasil belajar) dinyatakan valid dan layak untuk diujicobakan. Uji coba dilakukan pada Kelas V Sekolah Dasar Islam TerpaduAlbiruni Makassar dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Dari hasil analisis keterlaksanaan perangkat menunjukkan bahwa keterlaksanaan perangkat pembelajaran himpunan berbasis quantum memenuhi kriteria praktis dan berada pada kategori sangat baik. Serta memenuhi kriteria efektif yaitu diperoleh respon siswa positif terhadap pembelajaran, aktifitas siswa berada pada kategori sangat aktif dan hasil belajar telah tuntas secara klasikal (84,7% siswa yang memperoleh nilai di atas 75 dari nilai ideal 100). Dengan demikian, perangkat pembelajaran trapesium dan layang-layang dengan kombinasi pendekatan realistik dan saintifik telah valid, praktis dan efektif.   ABSTRAK SIRAJUDDIN. 2016. Developing Mathematics Learning Package Using Realistic and Scientific Mixed Approaches to Grade V Students at SDIT Albiruni Makassar (supervised by Hamzah Upu and M. Darwis) This studi was develomental research to develop learning package which is valid, practical, and effective. The intended learning package in this study is as follows: lesson plan, student’s workbook, textbook, and test of learning result. The development process of learning package employed 4-D model based on thiagarajan which consist of 4 phases, namely (1) defining phase, (2) design phase, (3) development phase, and (4) dissemination phase. The learning package developed was validated by two experts with the overall aspect of each aspect of trapezium and learning with combination of realistic and scientific approaches produced (textbook, lesson plan, student’s workbook, and test of learning result) is confirmed as valid and feasible to be tested. The test is conducted to grade V at Sekolah Dasar Islam Terpadu (Integrated Islamic Elementary school) Albiruni Makassar with the total of 29 students. The result base on the analysis of package implementation reveals that the imlementation of quantum-based set learning package meets effective criteria wich is obtained from positive response of the students toward learning; students’ activities is in very active category and the learning result has completed calssically (84.7% students obtain the score above 75 from the ideal 100). Therefore, the trapezium and kite learning package with realistic and scientific mixed approaches is valid, practical, and effective.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Sep 2017 07:40
Last Modified: 06 Sep 2017 07:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2819

Actions (login required)

View Item View Item