Praktek Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja di Era E-Learning di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Makassar

Nurlaela, Nurlaela and A. Ramli, Rasyid and Fin, Fin (2022) Praktek Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja di Era E-Learning di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Makassar. Journal of Vocational Instruction, 1 (2). pp. 32-40. ISSN e ISSN 2829-0658 p ISSN 2829-3282

[img] Text (Artikel)
15 39596-98848-1-PB.pdf

Download (277kB)
[img] Text (Peer Review)
15 Peer Review jurnal.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/jovi/index

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktik kerja industri terhadap persiapan kerja di era e-Learning di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Makassar. Studi ini melihat bagaimana praktik kerja industri mempengaruhi kesiapan kerja di era e-learning. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan teknik mesin Universitas Negeri Makassar tahun 2016, 2017, dan 2018 yang berjumlah 42 mahasiswa. Data penelitian yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier. Peneliti menggunakan program SPSS 25.0 untuk menganalisis data pada taraf signifikansi 5% untuk melihat besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menemukan bahwa praktik kerja industri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja di era e-learning di jurusan teknik mesin Universitas Negeri Makassar. Efek ini adalah 66.9% karena praktik, sedangkan sisanya 33,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Mardiana Mardiana
Date Deposited: 01 May 2023 03:20
Last Modified: 01 May 2023 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28173

Actions (login required)

View Item View Item