EC00201970463 (2019) Panduan Model Inquiry Learning. 000153524.
Text
7.Peer Review Haki-Panduan Model Inquiry Learning.pdf - Supplemental Material Download (219kB) |
|
Text
Panduan Model Inquiry Learning.pdf Download (5MB) |
Abstract
Model inquiry learning merupakan proses pembelajaran yang dibangun atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan peserta didik. Para peserta didik didorong untuk berkolaborasi memecahkan masalah, dan bukannya sekadar menerima instruksi langsung dari gurunya. Tugas guru dalam lingkungan belajar berbasis pertanyaan ini bukanlah untuk menyediakan pengetahuan, namun membantu siswa menjalani proses menemukan sendiri pengetahuan yang mereka cari. Guru berfungsi sebagai fasilitator dan bukan sumber jawaban. Model inquiry learning perlu dikembangkan melalui penelitian, sebab model ini relevan dipergunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa terutama yang mengambil mata kuliah Piranti Dapur. Sebagaimana diketahui bahwa mata kuliah piranti dapur selama ini diajarkan dengan pendekatan konvensional yang sedikit praktik dan pembelajaran yang berorientasi guru, padahal mata kuliah ini merupakan mata kuliah prasyarat yang memberi dasar yang kuat pada mata kuliah praktik lanjutan. Model inkuiri berupaya menanamkan dasar-dasar berpikir ilmiah pada diri peserta didik dan menempatkan peserta didik dalam suatu peran yang menuntut inisiatif besar dalam menemukan hal-hal penting untuk dirinya sendiri. Model inquiry learning adalah suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya.
Item Type: | Patent |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Syam sidah ida |
Date Deposited: | 03 May 2023 06:38 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 16:11 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28138 |
Actions (login required)
View Item |