PERBANDINGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BAREBBO KABUPATEN BONE YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

A. Hartati, A. Hartati (2016) PERBANDINGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BAREBBO KABUPATEN BONE YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
(15) JURNAL A. HARTATI.docx

Download (58kB)

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui motivasi belajar IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Barebbo Kabupaten Bone tahun ajaran 2015/2016 yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) Untuk mengetahui motivasi belajar IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Barebbo Kabupaten Bone tahun ajaran 2015/2016 yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (3) Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar IPA Biologi antara yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Barebbo Kabupaten Bone tahun ajaran 2015/2016, (4) Untuk mengetahui hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Barebbo Kabupaten Bone tahun ajaran 2015/2016 yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (5) Untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Barebbo Kabupaten Bone tahun ajaran 2015/2016 yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (6) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA Biologi antara yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Barebbo Kabupaten Bone tahun ajaran 2015/2016Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Barebbo.Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar siswa SMP Negeri 3 Barebbo Kabupaten Bone yang diajar dengan model pembelajaran kooperatife tipe STAD berada pada kategori rendah. (2) Motivasi belajar siswa SMP Negeri 3 Barebbo Kabupaten Bone yang diajar dengan pembelajaran konvensional berada pada kategori rendah.(3) Terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajan kooperatife tipe STAD dengan pembelajaran konvensional.(4) Hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Barebbo Kabupaten Bone yang diajar dengan model pembelajaran koperatife tipe STAD berada pada kategori tinggi.(5) Hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Barebbo Kabupaten Bone yang diajar dengan pembelajaran konvensional berada pada kategori cukup.(6) Terdapat perbedaan hasil belajar Biologi antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatife tipe STAD dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci:Kooperatif TipeStad, Konvensional, Motivasi dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Sep 2017 07:22
Last Modified: 06 Sep 2017 07:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2813

Actions (login required)

View Item View Item