Analisis Validitas Dokumen SKL, KI dan KD Keselamatan, Kesehatan dan Kerja (K3) Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan

Amiruddin, Amiruddin and Yahya, Muhammad (2019) Analisis Validitas Dokumen SKL, KI dan KD Keselamatan, Kesehatan dan Kerja (K3) Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan. In: NASIONAL LP2M UNM - 2019 “Diseminasi Hasil Penelitian melalui Optimalisasi Sinta dan Hak Kekayaan Intelektual”, 1 November 2019, Makassar; Indonesia.

[img] Text (Artikel - Analisis Validitas Dokumen SKL, KI dan KD Keselamatan, Kesehatan dan Kerja (K3) Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan)
1. Artikel Semnas 2019 ed.8 Analisis Validitas Dokumen SKL, KI dan KD Keselamatan, Kesehatan dan Kerja (K3) Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan.pdf - Published Version

Download (617kB)
[img] Text (Peer Review - Analisis Validitas Dokumen SKL, KI dan KD Keselamatan, Kesehatan dan Kerja (K3) Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan)
Peer Review Prosiding Analisis Validitas Dokumen SKL KI KD.pdf - Supplemental Material

Download (873kB)
[img] Text (Turnitin - Analisis Validitas Dokumen SKL, KI dan KD Keselamatan, Kesehatan dan Kerja (K3) Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan)
3. Turnitin Semnas 2019 ed.8 Analisis Validitas Dokumen SKL, KI dan KD Keselamatan, Kesehatan dan Kerja (K3) Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan.pdf - Supplemental Material

Download (645kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/13...

Abstract

Penerapan kembali K3 pada kurikulum 2013 untuk SMK dan telah dirumuskan dalam kompetensi dasar (KD). Melalui KD-KD yang ada disetiap program keahlian, maka guru telah menjabarkan dalam bentuk perangkat pembelajaran baik dalam analisis SKL, KI dan KD, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Bahan Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik, Media Pembelajaran dan Perangkat Penilaian. K3 bertujuan untuk 1) membuat suasana menjadi sehat, aman, dan nyaman, 2) Membuat tenaga kerja sehat baik fisik, mentas, dan sosial sert terhindar dari kecelakaan, dan 3) Meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan - Menginkatkan kesejahteraan tenaga kerja. Jenis penelitian ini adalah penelitian tentang pengembangan, yang bertujuan untuk Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) berbasis Higher Order Thinking Skills pada Kurikulum SMK di Sulawesi Selatan. Subjek penelitian yaitu siswa dan para guru Sekolah Dasar di Provinsi Sulawesi Selatan. Fokus penelitian dalam penelitian sebagai berikut: Secara umum, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengembangan perangkat pembelajaran Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan yang valid, praktis, dan efektif khususnya pengembangan analisis SKL, KI dan KD pada Program Keahlian Teknik Mesin dan Teknik Otomotif berbasis HOTS. Karakteristik perangkat pembelajaran berbasis HOTS yang dihasilkan pada penelitian ini adalah Perangkat pembelajaran K3L yang dihasilkan, dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE, dengan tahapan antara lain: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan analisis SKL, KI dan KD K3L berbasis HOTS memiliki rata-rata skor 3,78 yaitu sangat valid untuk diterapkan dalam pembelajaran di Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Otomotif pada SMK

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Amiruddin Amiruddin
Date Deposited: 07 May 2023 07:26
Last Modified: 07 May 2023 07:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28113

Actions (login required)

View Item View Item