Pengaruh Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa di SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar

STIASTUTI, FERLINA I (2016) Pengaruh Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa di SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (45kB)

ABSTRAK . Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran implementasi pembelajaran tematik terpadu di SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar?; (2) Bagaimana gambaran kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam implementasi pembelajaran tematik terpadu di SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar?; (3) Apakah ada pengaruh implementasi pembelajaran tematik terpadu terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran implementasi pembelajaran tematik terpadu di SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar. (2) Untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam implementasi pembelajaran tematik terpadu di SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar. (3) Untuk mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran tematik terpadu terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitiaan yang digunakan adalah true experimental design. Dalam model ini terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik penarikan sampel adalah probability sampling dengan jenis teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskrptif dan inferensial dengan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran implementasi pembelajaran tematik terpadu di SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar dilaksanakan selama 2 kali pertemuan dengan mengacu pada langkah-langkah pembelajar tematik terpadu yang telah disusun dalam bentuk rencana proses pembelajaran RPP. Pada pelaksanaan proses pembelajaran tersebut siswa sangat antusias mengikutinya, meskipun masih ada sebagian kecil siswa yang acuh terhadap proses pembelajaran.; (2) Gambaran kemampuan berpikit tingkat tinggi siswa menunjukkan peningkatan. Hal ini disebabkan karena tingkat kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan dari kategori sedang menjadi sangat tinggi. Lain halnya dengan kelompok kontrol yang diberikan perlakuan berupa metode konvensional ternyata menunjukkan perubahan yang tidak signifikan yakni dari ketegori sedang meningkat ke kategori tinggi berdasarkan penilaian hasil belajar.; (3) Ada pengaruh signifikan metode pembelajaran tematik terpadu terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa di SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar, artinya semakin diberi pembelajaran tematik terpadu, maka akan diikuti dengan meningkatnya kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa di SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Sep 2017 07:14
Last Modified: 06 Sep 2017 07:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2810

Actions (login required)

View Item View Item