ANALISIS KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP FUNGSI DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BAJENG

Nurfitriani, Nurfitriani (2016) ANALISIS KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP FUNGSI DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BAJENG. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (359kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesalahan pemahaman konsep fungsi siswa dan pemahaman konsep fungsi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bajeng setelah diberi alternatif pemecahan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian sebanyak 3 orang siswa Kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan tes diagnostik dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kesalahan pemahaman konsep fungsi siswa mencakup: a) kesalahan mendefinisikan konsep fungsi secara verbal dan tertulis; b) kesalahan memberi contoh dan non-contoh konsep fungsi; c) kesalahan menggunakan model, diagram, dan simbol-simbol untuk mempresentasikan konsep fungsi; d) kesalahan memilih prosedur tertentu. 2) pemahaman konsep fungsi siswa setelah pemberian alternatif pemecahan menunjukkan bahwa: a) siswa mampu menyatakan definisi fungsi dalam matematika sebagai suatu relasi antara himpunan satu dengan himpunan lain dibandingkan sebelum pemberian pengajaran remedial secara individual dengan pemanfaatan alat peraga pendefinisian fungsi, b) siswa mampu memberi contoh relasi yang termasuk fungsi dan contoh relasi yang bukan termasuk fungsi dibandingkan sebelum pemberian pengajaran remedial secara individual dengan pemanfaatan alat peraga pengelompokan fungsi, c) siswa mampu mempresentasikan fungsi dalam bentuk tabel, diagram panah, dan grafik fungsi dengan gambar, penyajian data, dan simbol-simbol dibandingkan sebelum pemberian pengajaran remedial secara individual dengan pemanfaatan alat peraga pelabelan fungsi, d) siswa mampu memilih langkah yang benar untuk menentukan nilai f(0), f(1), dan f(2) dari rumus fungsi f(x) = 4x – 3 dengan menggunakan operasi perkalian dan pengurang sehingga memperoleh nilai f(0), f(1), dan f(2) yang tepat dibandingkan sebelum pemberian pengajaran remedial secara individual dengan pemanfaatan alat peraga mesin fungsi. Kata kunci: Analisis Kesalahan, Pemahaman Konsep Fungsi, Alternatif Pemecahannya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Sep 2017 07:11
Last Modified: 06 Sep 2017 07:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2809

Actions (login required)

View Item View Item