PENGEMBANGAN PANDUAN PERMAINAN TRADISIONAL BUGIS-MAKASSAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA

Oktaviana Kasim, Sinta Nurul (2016) PENGEMBANGAN PANDUAN PERMAINAN TRADISIONAL BUGIS-MAKASSAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel Jurnal SInta.docx

Download (52kB)

Abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana mengembangkan panduan permainan tradisional Bugis-Makassar sebagai media bimbingan konseling yang acceptable, berdasarkan kegunaan, ketepatan, kelayakan dan relevansi dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa?. (2) bagaimana keterlaksanaan panduan permainan tradisional Bugis-Makassar sebagai media bimbingan konseling dalam meningkatkan keterampilan siswa?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengembangkan panduan permainan tradisional Bugis-Makassar sebagai media bimbingan konseling yang yang acceptable, berdasarkan kegunaan, ketepatan, kelayakan dan relevansi dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa (2) untuk mengetahui keterlaksanaan panduan permainan tradisional Bugis-Makassar sebagai media bimbingan konseling dalam meningkatkan keterampilan siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Borg and Gall yang menelaah pengembangan panduan permainan tradisional Bugis-Makassar sebagai media bimbingan konseling dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa. Terhadap 12 siswa sebagai subjek uji coba kelompok kecil.Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (1) mengembangkan panduan permainan tradisional Bugis-Makassar sebagai media bimbingan konseling dapat diterima berdasarkan kegunaan, ketepatan, kelayakan dan relevansi dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa. (2) panduan permainan tradisional Bugis-Makassar sebagai media bimbingan konseling terlaksana dengan baik di SMP Negeri 8 Makassar. Kata Kunci: Permainan Tradisional Bugis-Makassar, Media Bimbingan Konseling, Keterampilan Sosial Abstract. The of problem of the research are: (1) how to develop Bugis-Makassar traditional games manual as guidance and counseling media which is acceptable, based on utility, accuracy, feasibility, and relevancy in mproving the students’ social skill? (2) How is the implementation of Bugis-Makassar traditional games manual as guidance and counseling media in improving the students’ social skill? The objective of the research are: (1) to develop Bugis-Makassar traditional games manual as guidance and counseling media is acceptable, based on utility, accuracy, feasibility, and relevancy in improving the students’ social skills in SMPN 8 Makassar, (2) to discover the implementation of Bugis-Makassar traditional games manual as guidance and counseling media in improving the students’ social skills. The research is research and development based on Borg and Gall model which analyzed the development of Bugis-Makassar traditional games manual as guidance and counseling media in improving the students’ social skills. There were 12 students as the small group test subjects. The research employed questionnaire and interview in collecting the data, The results of the research reveal that: (1) the development of Bugis-Makassar traditional games manual as guidance and counseling media can be accepted based on utility, accuracy, feasibility, and relevance in improving students’s social skills, (2) Bugis-Makassar traditional game manual as guidance and counseling media is implemented well at SMPN 8 Makassar. Keywords: Bugis-Makassar Traditional Games, Guidance and Counseling Media, Social Skills.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Sep 2017 07:07
Last Modified: 06 Sep 2017 07:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2808

Actions (login required)

View Item View Item