Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Kerja Guru

Joen, Siemze and Purnamawati, Purnamawati and Amiruddin, Amiruddin (2022) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Kerja Guru. UNM of Journal Technologycal and Vocational, 6 (3). pp. 224-232. ISSN e: 2580-0434; p: 2580-0418

[img] Text (Artikel - Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Kerja Guru)
1. Artikel J-PPs Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Kerja Guru.pdf - Published Version

Download (514kB)
[img] Text (Peer Review - Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Kerja Guru)
scan review_Jurnal Ilmiah_Pengaruh kemepmipinan trasformasionsl kepala sekolah terhadap kinerja dan motivasi guru.pdf - Supplemental Material

Download (963kB)
[img] Text (Turnitin - Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Kerja Guru)
3. Turnitin J-PPs Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Kerja Guru.pdf - Supplemental Material

Download (548kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/UJTV/article/view/37535

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja guru di SMK Negeri 5 Gowa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan analisis statistik serta analisis structural equation modeling partial least squares untuk menjawab hipotesis. Populasi pada penelitian ini semua guru SMK Negeri5 Gowa dan sampel penelitian berjumlah 51 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan sebesar 30,2% kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru; dan 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan sebesar 19,5% kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja guru. Penelitian ini menunjukkan peran motivasi kerja guru merupakan mediasi parsial. Kepemimpinan transformasional kepala sekolah meningkatkan kinerja guru melalui peran motivasi kerja guru. Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam menigkatkan mutu pendidikan di SMK Negeri 5 Gowa semakin baik. Gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dapat berdampak signifikan terhadap kinerja guru dan motivasi kerja guru yang menghasilkan pertumbuhan dan pemberdayaan guru. Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Kinerja Guru, Motivasi Kerja Guru.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Amiruddin Amiruddin
Date Deposited: 07 May 2023 07:53
Last Modified: 07 May 2023 07:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28077

Actions (login required)

View Item View Item