Peningkatan Hasil Belajar Praktik Computer Numerical Control (Cnc) Melalui Metode Resitasi Siswa SMK Negeri Teknologi di Kota Makassar

Rusli, Ismail (2019) Peningkatan Hasil Belajar Praktik Computer Numerical Control (Cnc) Melalui Metode Resitasi Siswa SMK Negeri Teknologi di Kota Makassar. In: Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM – 2019 Edisi 5.

[img] Text
22_1544-27259-1-SM.pdf

Download (534kB)
[img] Text
22_Peer Review Prosiding Nasional-Peningkatan Hasil Belajar Praktik Computer Numerical Control (CNC)_a.pdf

Download (876kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/11...

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Praktik computer numerical control (CNC) siswa SMK Negeri Teknologi di kota Makassar. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Mesin SMK Negeri yang mengikuti praktik CNC berjumlah 24 orang siswa,.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui pemberian tes pada setiap akhir siklus sesuai dengan materi yang diajarkan sebelumnya pada setiap siklus dan obseravsi langsung pelaksanaan tindakan.Hasil penelitian ini mengidentifikasi adanya peningkatan hasil belajar siswa secara kuantitatif, peningkatan ini terlihat pada skor rata-rata hasil belajar siswa pada kelas XI Teknik Mesin SMKN Teknologi di kota Makassar,untuk masing kelas pemesinan. Di SMKN 2 tes awal sebesar 65 meningkat pada siklus I sebesar 71,45 yang kemudian dilanjutkan dengan tindakan siklus II sebesar 77,71. Di SMKN 10 diperoleh hasil tes awal 65,38 meningkat pada siklus I menjadi 71,75 dan pada siklus II meningkat dengan hasil tes 77,5 . Di SMKN 5 tes awal diperoleh 69,64 meningkat pada siklus 2 sebesar 75,18 kemudian pada siklus II diperoleh hasil meningkat 81,07Secara kualitatif terjadi perubahan keaktifan dan perhatian siswa selama pelaksanaan tindakan yaitu meningkatnya keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas-tugas, memupuk keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat, serta terciptanya suatu kondisi proses pembelajaran yng menyenangkan bagi siswa SMK Negeri Teknologi di Kota Makassar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Mardiana Mardiana
Date Deposited: 03 May 2023 06:37
Last Modified: 03 May 2023 06:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/28046

Actions (login required)

View Item View Item