ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR NEGERI PAO-PAO KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

Nurindah, Nurindah (2016) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR NEGERI PAO-PAO KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Nurindah Artikel.docx

Download (38kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui gambaran kompetensi guru berdasarkan faktor internal dan eksternal SD Negeri Pao-Pao Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa, dan 2) mengetahui strategi pengembangan kompetensi guru di SD Negeri Pao-Pao Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di SD Negeri Pao-Pao Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Data dikumpulkan melalui wawancara. Data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kekuatan yang dimiliki oleh sekolah yaitu tenaga pendidik, kelemahannya adalah keterbatasan kurikulum serta sarana dan prasarana. Peluang yang dimiliki adalah bantuan dana dari pemerintah, tantangan yang dihadapi adalah kurangnya dukungan masyarakat. Strategi yang digunakan dalam mengembangkan kompetensi guru adalah KKG. KKG menjadi wadah bagi pengembangan keempat kompetensi guru. Dalam hal kompetensi pedagogik guru belajar bagaimana merancang pembelajaran dan teknik evaluasi hasil belajar yang akan diterapkan serta pemanfaatan teknologi dalam proses dan evaluasi pembelajaran. Dalam hal kompetensi kepribadian guru mengikuti norma atau aturan-aturan yang diterapkan dalam KKG. Dalam hal kompetensi profesional guru belajar metode ilmiah melalui penyusunan proposal penelitian ataupun laporan KTI. Dalam hal kompetensi sosial, guru menjalin komunikasi dengan sesama guru dan tenaga kependidikan. Kata kunci: Strategi Pengembangan, Kompetensi Guru

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Sep 2017 06:46
Last Modified: 06 Sep 2017 06:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2804

Actions (login required)

View Item View Item